Berita Bekasi Nomor Satu

Logistik Pemilu di Bekasi Mulai Disebar, Ditarget Selesai H-3

ILUSTRASI: Sejumlah warga melipat dan menyortir surat suara di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Cikarang Timur, Minggu (21/1). Logistik Pemilu di Bekasi mulai disebar. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Puluhan ribu kotak suara dan logistik Pemilu 2024 lainnya akan mulai didistribusikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota dan Kabupaten Bekasi setelah proses akhir pelipatan surat suara rampung. Untuk Kota Bekasi, logistik tersebut akan didistribusikan dari gudang logistik Padurenan dan Alexindo ke masing-masing kecamatan dan kelurahan. Sementara di Kabupaten Bekasi, logistik bakal didistribusikan ke 23 kecamatan.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa menyampaikan bahwa seluruh surat suara telah selesai disortir dan dilipat pada 22 Januari lalu. Seribu surat suara yang rusak juga telah dikirimkan penggantinya oleh KPU RI.

“(Dimulai) tanggal enam, tanggal 11 paling lama itu sudah terkirim semua logistik pemilu ke masing-masing kelurahan,” katanya di sela-sela rapat koordinasi pendistribusian logistik Pemilu 2024, Minggu (4/2/2024).

Logistik pemilu tersebut akan didistribusikan dari dua gudang logistik milik KPU Kota Bekasi. Sebanyak 22 ribu kotak suara didistribusikan dari gudang logistik Padurenan ke 29 kelurahan, meliputi enam kecamatan yang ada di Kota Bekasi. Sementara dari gudang Alexindo, akan didistribusikan 12 ribu kotak suara ke 27 kelurahan, meliputi enam kecamatan. Distribusi tersebut mulai dilaksanakan besok, Selasa (6/2/2024).

“Jumlahnya sebanyak 39 ribu lebih kotak suara untuk dipastikan ada 7.078 TPS,” tambahnya.

Setelah sampai di tingkat kelurahan, logistik tersebut akan didistribusikan ke masing-masing TPS sebelum proses pemungutan dan perhitungan surat suara pada 14 Februari mendatang. Sekedar diketahui, pemungutan suara hanya menyisakan delapan hari lagi.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Rido mengatakan, pengemasan surat suara masih berlangsung hingga kemarin, Minggu (4/2/2024). Setelah selesai, pendistribusian langsung dilakukan. “Sekarang pengepakan surat suara masih berproses, terakhir tanggal 4 (Minggu, red). Insya Allah di  7 Februari kita dorong logistik itu,” ujarnya.

BACA JUGA: KPU Ancang-ancang Pelaksanaan Pilkada 2024

Sementara itu, Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Bekasi, Muchamad Iqbal menambahkan, proses sortir lipat (sorlip) surat suara sudah selesai dilakukan. Untuk sekarang prosesnya pengemasan ke kotak suara. Sedangkan untuk pengganti surat suara yang rusak sudah dikirimkan. Namun sayangnya, Iqbal tidak tahu pasti jumlah surat suara yang ditemukan rusak saat Sorlip.

“Jumlah pastinya kurang tahu. Cuma kemarin hari Selasa dan Rabu, kami sudah tukar atau minta surat suara baru. Hasil temuan surat suara yang rijek (rusak). Surat penggantinya sudah datang,” katanya.

Terpisah, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Ummi Wahyuni menuturkan, mulai Senin (5/2/2024), sudah mulai ada pergeseran kotak suara ke PPK. Pada kesempatan ini dirinya berpesan, timnya yang berada di tingkat kecamatan mampu memastikan logistik pemilu yang didistribusikan dapat terjaga dengan baik.

Sekarang kata Ummi, merupakan puncak-puncaknya para peserta pemilu melakukan kampanye. Hal itu mengingat, tahapan kampanye merupakan yang paling penting bagi peserta pemilu untuk melakukan sosialisasi kepada pemilih. Oleh karena itu, dirinya meminta agar para punggawanya di bawah mampu bersikap independen dalam pelaksanaan Pemilu.

“Saya ingatkan ke teman-teman PPK, PPS, dan KPPS, untuk menjaga integritas, serta sebelas asas penyelenggara yang meski dipedomanin. Kami berharap teman-teman PPK dan PPS masih bisa bersama-sama kami dalam melanjutkan nanti di Pilkada 2024,” tuturnya. (sur/pra)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin