Berita Bekasi Nomor Satu

Sediakan Bantuan Modal Hingga Rp60 M untuk UMKM

ILUSTRASI : Pekerja menyelesaikan pembuatan boneka di pabrik rumahan boneka di Jalan Blue Safir, Rawalumbu Kota Bekasi,belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Diskop UKM) mengajak para pelaku usaha bergabung menjadi UMKM binaan. Banyak fasilitas dan program menarik bagi mereka yang ingin bergabung menjadi UMKM binaan. Mulai dari tersedianya banyak program kegiatan, informasi, hingga pembiayaan dana bergulir untuk pengembangan usaha yang nilainya mencapai Rp60 miliar.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut jumlah pelaku UMKM di Kota Bekasi saat ini mencapai 350 ribu. Sementara yang tergabung menjadi UMKM binaan DiskopUKM baru delapan ribu pelaku UMKM.

Sekertaris DiskopUKM Kota Bekasi, Rita Hartati menyampaikan bahwa pihaknya telah membentuk paguyuban hingga koordinator di tingkat kecamatan untuk menginventarisir pada pelaku UMKM di tiap kecamatan untuk didorong menjadi UMKM Binaan di Kota Bekasi. Keuntungannya kata dia, pada pelaku UMKM bisa mengakses berbagai pelatihan mulai dari pelatihan manajerial usaha, pengemasan produk, hingga pemasaran digital.

BACA JUGA: Bantuan Permodalan UMKM Dinilai Minim

Pelaku UMKM binaan tersebut juga bisa mengakses bantuan permodalan.

“Mereka yang sudah masuk dan terdaftar di DiskopUKM itu bisa mendapatkan bantuan modal,” ungkapnya.

Bantuan permodalan ini merupakan dana bergulir yang dapat diakses oleh para pelaku UMKM. Dana bergulir tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dengan BPRS Patriot, salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Pada 2023 lalu, besaran dana bergulir yang bisa diakses oleh masyarakat mencapai Rp50 miliar. Sementara tahun ini, jumlahnya bertambah.

BACA JUGA: PKL – UMKM Wajib Bersertifikat Halal

“Hitungan sampai dengan tahun ini, kemarin dapat laporan dari kepala bidangnya itu hampir kurang lebih sampai Rp60 miliar,” tambahnya.

Pantauan di laman resmi BPRS Patriot, dana bergulir ini merupakan fasilitas pembiayaan bagi pelaku UMKM perorangan dan korporasi yang telah dan atau menjadi binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi. Pelaku UMKM dapat mengakses pembiayaan hingga Rp250 juta dengan jangka waktu maksimal tiga tahun. (sur)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin