Berita Bekasi Nomor Satu

Pj Bupati Bekasi Dorong Budaya K3 Berkesinambungan

FOTO BERSAMA: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, foto bersama dengan buruh saat Apel Harpekindo sekaligus penutupan Bulan K3 di Plaza Pemkab Bekasi, Selasa (20/2). HUMAS PEMKAB BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, memimpin Apel Peringatan Hari Pekerja Indonesia (Harpekindo) sekaligus penutupan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), yang diperingati setiap 20 Februari. Kegiatan ini berlangsung di Plaza Pemkab Bekasi, Selasa (20/2).

Kegiatan tersebut turut dihadiri antara lain oleh para perangkat daerah terkait, pimpinan pengelola kawasan industri, serta unsur elemen buruh.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyampaikan penetapan Harpekindo dilakukan untuk menumbuhkan jati diri di kalangan pekerja Indonesia dan lebih meningkatkan kebanggaan para pekerja dalam rangka memotivasi pengabdiannya kepada pembangunan nasional yang dilandasi sistem Hubungan Industrial Pancasila (HIP).

“Hal tersebut dilaksanakan untuk pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat seluruhnya, serta meningkatkan harkat martabat para pekerja,” ucapnya.

Ia menjelaskan, peringatan K3 diharapkan menjadi momentum untuk menciptakan suasana kerja yang aman, nyaman, efisien dan produktif. Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 Tentang K3 adalah merupakan tanggungjawab semua pihak, unsur pemerintah baik dari pusat hingga pemerintah daerah, dan seluruh masyarakat.

“Semoga perayaan ini dapat menjadi penyemangat dan pendorong motivasi para pekerja di Kabupaten Bekasi menjadi insan pekerja yang produktif, sejahtera dan bermartabat,” tuturnya.
baca juga: Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan: Jaga Persatuan Usai Pemilu

Ia juga menginstruksikan agar seluruh pihak dapat berperan aktif sesuai fungsi dan kewenangannya dalam membangun serta mengembangkan budaya K3 secara berkesinambungan.

“Semua berkewajiban untuk berperan aktif sebagai bagian dari kontribusi kita membangun bangsa dan negara, salah satunya dengan menerapkan budaya K3 secara menyeluruh.” jelasnya.

Agenda dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Lomba Bulan K3 dan penerimaan santunan kepada anak yatim piatu, yang diberikan langsung oleh Pj Bupati Bekasi kepada para pemenang.

Agenda ditutup dengan simulasi Emergency Respons yang dilakukan oleh para petugas di lapangan terkait tindakan yang harus dilakukan ketika menghadapi situasi Emergency yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi di tempat mereka bekerja. (and/adv)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin