Berita Bekasi Nomor Satu

Pemkab Bekasi Gelar Operasi Pasar Beras

BERDIALOG: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, berdialog dengan warga saat meninjau OPM berjenis beras SPHP di halaman Kantor Kecamatan Tambun Utara, Kamis (22/2). HUMAS PEMKAB BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi bekerja sama dengan Perum Bulog menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) berjenis beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di halaman Kantor Kecamatan Tambun Utara, Kamis (22/2).

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, didampingi Camat Tambun Utara, Najmuddin, memantau langsung OPM. Pj Dani juga menyempatkan diri berdialog dengan warga yang sudah mendapatkan beras.
Dani menjelaskan, kegiatan OPM ini merupakan bagian dari upaya pengendalian inflasi dan menstabilkan harga sejumlah bahan pokok terutama beras.

“Operasi pasar ini kami lakukan sebagai upaya meredam kenaikan harga sejumlah bahan pangan dan pengendalian inflasi,” ujarnya.

Ia menerangkan, program ini akan berlangsung di 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi. Setiap kecamatan akan mendapat alokasi beras dari Perum Bulog sebanyak 10 ton.

BACA JUGA: Beras Impor Disiapkan untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat Kabupaten Bekasi Selama Ramadan  

Harga beras dibanderol sebesar Rp10.600/kg atau Rp53.000/pack. Dengan persyaratan, satu warga maksimal bisa membeli dua pack beras dengan kupon yang sudah disediakan sebanyak 1.000 kupon.

“Tiap kecamatan menyeluruh 10 ton beras alokasinya, upaya kita pun bukan hanya kepada masyarakat namun ada 70 pedagang grosir beras yang kita berikan harga eceran tertinggi menurut Pemerintah,” ujarnya.

Selain program ini, Dani menjelaskan masih ada program cadangan pangan yang dimiliki oleh Dinas Ketahanan Pangan khusus untuk masyarakat miskin dan akan dipercepat dalam pendistribusiannya.

BACA JUGA: Pj Bupati Bekasi Dani Dampingi Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Beras

“Bukan hanya Operasi Pasar tapi kita masih ada program cadangan pangan di Dinas Ketahanan Pangan tapi memang untuk masyarakat miskin, kami akan percepat pendistribusian,” katanya.

Menurut Dani, antusiasme masyarakat yang hadir pun turut mendukung keberhasilan adanya program ini. Ke depannya akan terus ditingkatkan pelayanannya serta diupayakan keberlangsungannya sampai harga beras bisa turun seperti semula.

“Menurut saya program ini sangat tepat sasaran dan benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, akan terus kami tingkatkan dan upayakan keberlangsungan sampai harganya menurun.” tukasnya. (and/adv)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin