Berita Bekasi Nomor Satu
Tekno  

Meta Sempat Down 2 Jam Lebih, Pengguna Facebook dan Instagram Terdampak Ini

Meta. (beachfmonline.com)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Rangkaian aplikasi milik Meta termasuk Facebook dan Instagram dilaporkan mengalami masalah teknis luas yang berlangsung lebih dari dua jam pada Selasa (5/3/2024). Ratusan ribu pengguna mencatat kesalahan dalam mengakses layanan media sosial.

Pengguna melaporkan masalah termasuk keluar dari Facebook, dan ketika mereka mencoba masuk kembali, pesan kesalahan seperti, “Ada yang tidak beres. Silakan coba lagi.” Menurut layanan pemantauan Downdetector, laporan kesalahan melonjak sekitar pukul 02.00 dini hari pada Rabu (6/3/2024).

Downdetector telah menerima lebih dari 600 ribu laporan kesalahan. Sekitar 76 persen masalah yang dilaporkan pengguna Facebook terkait dengan kesulitan login.

BACA JUGA: Awas, ChatGPT Palsu Retas Akun Facebook hingga Rekening Mobile Banking 

Selain itu, pengguna Instagram melaporkan bahwa feed mereka tidak diperbarui dan mereka tidak dapat memposting apa pun ke platform. Gangguan juga meluas ke platform Messaging Meta dan Threads, aplikasi mirip Twitter milik perusahaan yang diluncurkan tahun lalu.

Di Instagram juga sama, gangguan mengalami puncak laporan pada 02.00 dini hari. 60 persen pengguna melaporkan bahwa mereka mengalami masalah pada aplikasi mereka dengan 27 persen gangguan pada feed mereka tidak dapat diperbarui.

Dalam peringatan halaman Status Login Facebook melaporkan “gangguan besar,” dengan pesan berikut: “Kami mengetahui adanya masalah yang berdampak pada Login Facebook. Tim teknik kami secara aktif berupaya menyelesaikan masalah ini secepat mungkin.”

BACA JUGA: Facebook Klaim Pengguna Aktifnya Capai 2 Miliar 

Dalam pembaruannta, halaman tersebut mengatakan bahwa layanan Login Facebook “sedang dalam proses pemulihan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan.”

Selain itu, juru bicara Meta Andy Stone juga langsung menanggapi dengan mengatakan perusahaan telah “menyelesaikan masalah ini secepat mungkin” setelah “masalah teknis menyebabkan orang kesulitan mengakses beberapa layanan kami.”

Sebagai informasi, pada bulan Oktober 2021, Meta (saat perusahaan masih bernama Facebook) mengalami pemadaman beberapa layanan serupa, yang menyebabkan Facebook, Instagram, dan aplikasi lain mati selama sekitar enam jam.

BACA JUGA: Ini Fitur Baru Reels di Instagram dan Facebook 

Seorang eksekutif perusahaan pada saat itu menyalahkan masalah tersebut pada “perubahan konfigurasi yang salah” pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan di antara pusat datanya. Ini adalah waktu henti terlama bagi Facebook sejak Maret 2019, ketika layanan tersebut mati selama sekitar 24 jam di beberapa aplikasi. (rbs/jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin