Berita Bekasi Nomor Satu
Tekno  

Kunci Chat Fitur Baru WhatsApp, Begini Caranya

Ilustrasi aplikasi WhatsApp di ponsel.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – WhatsApp kembali merilis fitur baru. Kali ini dipastikan akan segera hadir juga untuk pengguna mereka di Indonesia. Yang akan diperkenalkan adalah fitur kunci chat tingkat lanjut.

”Semangat kami adalah menemukan cara baru untuk membantu menjaga pesan anda tetap privat dan aman. Hari ini, kami sangat senang karena dapat memperkenalkan fitur terbaru kami bernama Kunci Chat, yang memberikan perlindungan ekstra untuk chat paling rahasia Aanda,” jelas pihak WhatsApp melalui keterangannya.

Dengan mengaktifkan fitur Kunci Chat, utas chat akan dihapus dari kotak masuk dan ditempatkan di dalam folder khusus yang hanya dapat diakses dengan kata sandi atau metode keamanan biometrik perangkat anda, seperti sidik jari. Fitur ini juga secara otomatis menyembunyikan isi chat di notifikasi.

BACA JUGA: Cara Mengganti Tema GB WhatsApp dengan Tema Buatan Sendiri

“Kami yakin bahwa fitur ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang terkadang perlu berbagi ponsel dengan keluarga atau orang lain dalam beberapa kesempatan, dan ketika chat rahasia masuk, mereka dapat merasa lebih aman dan terjaga privasinya,” lanjut pihak WhatsApp.

Untuk mengunci chat juga sangat mudah. Cukup ketuk satu per satu nama atau grup, lalu pilih opsi kunci. Untuk membuka chat ini, tarik kotak masuk anda perlahan ke bawah dan masukkan kata sandi atau metode keamanan biometrik perangkat anda.

“Dalam beberapa bulan ke depan, kami akan menambahkan beberapa opsi tambahan untuk fitur Kunci Obrolan, termasuk kemampuan untuk mengunci perangkat pendamping dan membuat kata sandi khusus untuk chat, sehingga anda dapat menggunakan kata sandi unik yang berbeda dari kata sandi yang digunakan untuk mengunci ponsel Anda,” tandas pihak WhatsApp.

BACA JUGA: Waspada Link Undangan Nikah Digital, Penipu di Whatsapp Curi Data Pribadi  

Fitur ini sekilas mirip seperti Fingerprint Lock yang sudah ada di WhatsApp sejak lama. Bedanya, Chat Lock akan mengunci pesan secara individu, sedangkan Fingerprint Lock akan mengunci seluruh aplikasi WhatsApp.

Percakapan yang dikunci menggunakan fitur Chat Lock akan disimpan di folder khusus yang hanya bisa diakses menggunakan password atau biometrik, seperti sidik jari atau Face ID.

Selain itu ketika ada pesan yang masuk untuk chat yang dikunci, WhatsApp tidak akan menampilkan preview dan nama pengirim pesan di notifikasi sebagai bentuk privasi tambahan.

BACA JUGA: Fitur Terbaru Fouad WhatsApp Premium Mod

Notifikasi pesan masuk akan ditampilkan sebagai ‘WhatsApp: 1 pesan baru’.

Perlu dicatat juga bahwa foto dan video yang dikirimkan di chat yang dikunci tidak akan disimpan secara otomatis ke galeri. Chat yang dikunci di ponsel hanya akan terkunci di ponsel itu, dan tidak akan dikunci di perangkat lain yang terhubung dengan WhatsApp. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin