Berita Bekasi Nomor Satu

Ribuan Siswa SD Kota Bekasi Bersaing Ketat di Seleksi Olimpiade Sains Nasional 2024  

DIBERI PEMBEKALAN: Sejumlah siswa tingkat SD perwakilan dari Jatiasih diberi pembekalan untuk mengikuti seleksi OSN 2024. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 1.323 siswa SD dari seluruh Kota Bekasi tengah bersaing sengit dalam seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024.

Dalam kompetisi bergengsi ini, para siswa menguji kemampuan mereka dalam dua mata pelajaran utama, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Proses seleksi yang berlangsung selama dua hari tersebut telah dimulai dengan seleksi mata pelajaran IPA pada Rabu (20/3/2024).

“Untuk proses seleksinya berlangsung selama dua hari, karena ada dua mata pelajaran dalam OSN tahun ini,” kata Pengawas Gugus III dan IV SD Kota Bekasi, Supyanto kepada Radar Bekasi.

Setiap sekolah di Kota Bekasi diberi kesempatan untuk mengirimkan perwakilan siswa sebanyak satu hingga lima orang, yang nantinya akan digabung per kecamatan

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 1.323 peserta dari 12 kecamatan yang ada di Kota Bekasi.

Adapun rincinya Kecamatan Bantargebang 219 siswa, Kecamatan Bekasi Barat 184 siswa, Kecamatan Bekasi Selatan 80 siswa, Kecamatan Bekasi Timur 92 siswa, Kecamatan Bekasi Utara 145 siswa.

BACA JUGA: 1.163 Siswa Menanti Hasil OSN Kota Bekasi

Selanjutnya, Kecamatan Jatisampurna 65 siswa, Kecamatan Jatiasih 173 siswa, Kecamatan Medan Satria 52 siswa, Kecamatan Mustikajaya 79 siswa, Kecamatan Pondok Melati 68 siswa, Kecamatan Pondokgede 65 siswa, dan Kecamatan Rawalumbu 101 siswa.

“Untuk tempat seleksinya disesuaikan dengan masing-masing wilayah, tidak bisa di satu titik, karena jumlah pesertanya cukup banyak,” terang Supyanto.

Selama proses seleksi, setiap peserta diberikan waktu 60 menit untuk mengerjakan soal, dengan jumlah soal Matematika mencapai 30 pilihan ganda, 20 soal isian singkat, dan 60 pilihan jamak. Sedangkan untuk mata pelajaran IPA, terdapat 20 soal isian singkat.

“Para peserta akan diberi ranking sesuai dengan nilai jawaban tertinggi dan itu yang akan maju ke tingkat provinsi dan tingkat nasional,” bebernya.

Supyanto berharap, perwakilan yang lolos seleksi tingkat Kota Bekasi bisa melaju ke tingkat provinsi hingga nasional.

“Semoga pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar, dan perwakilan dari Kota Bekasi bisa sampai ke tingkat nasional,” ucapnya. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin