Berita Bekasi Nomor Satu

Disperkimtan Kabupaten Bekasi Maksimalkan Realisasi Usulan Masyarakat

PJU UNTUK MASYARAKAT: Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang difasilitasi oleh Disperkimtan Kabupaten Bekasi di Cikarang Utara, Senin (25/3). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam upaya menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksinya), Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi berupaya memaksimalkan realisasi usulan-usulan pembangunan yang diajukan oleh masyarakat. Antara lain usulan terkait pembangunan jalan lingkungan di kawasan permukiman dan perumahan serta penerangan jalan umum.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Nurchaidir, menjelaskan bahwa usulan-usulan masyarakat bermula dari musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Usulan tersebut kemudian disaring dan diprioritaskan menjadi skala prioritas yang direalisasikan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

Menurut Chaidir, setiap tahun pihaknya aktif dalam pembangunan sejumlah jalan di kawasan permukiman dan perumahan, serta menyediakan penerangan di jalan umum.

BACA JUGA: Disperkimtan Kabupaten Bekasi Dorong Pengembang Serahkan Lahan Fasos Fasum

Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nurchaidir

“Tentu yang dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sesuai dengan usulan masyarakat yang menjadi program kerja,” kata Chaidir, Senin (25/3).

Usulan-usulan dari masyarakat, baik dalam hal pembangunan konstruksi maupun kebutuhan akan penerangan di lingkungan mereka, bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan warga. Penerangan jalan umum juga dianggap sebagai upaya pencegahan terhadap tindak kejahatan.

Chaidir menekankan bahwa setelah pembangunan selesai, Disperkimtan memastikan bahwa kualitas infrastruktur sesuai dengan perencanaan. Dia juga berharap agar masyarakat turut menjaga fasilitas yang dibangun dengan dana APBD.

“Ketika sudah dibangun kami bisa pastikan pembangunan kualitasnya sesuai dengan perencanaan. Setidaknya infrastruktur bisa tahan lama sehingga bermanfaat untuk kepentingan masyarakat. Dan kami harap masyarakat juga turut menjaga fasilitas yang dibangun dengan bersumber dari APBD,” pungkasnya. (and/*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin