Berita Bekasi Nomor Satu

Berbenah Jalan Rawan Banjir Kota Bekasi

LANGGANAN BANJIR: Sejumlah kendaraan nekat menerobos banjir di jalan Juanda, Bekasi Timur, Belum lama ini. Banjir di kawasan tersebut menjadi banjir langganan karena sistem drainase yang buruk. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi punya Pekerjaan Rumah (PR) dua ruas jalan yang kerap tergenang banjir. Ruas jalan tersebut yakni Jalan Ir H Juanda dan Jalan Pekayon.

Banjir di ruas jalan ini kerap mengganggu lalu lintas. Pekan kemarin, nampak tanda pembatas dipasang di beberapa titik jalan Ir H Juanda. Pembatas dipasang tepat di area penutup saluran air agar tak dilintasi oleh pengendara.

Sekretaris DBMSDA Kota Bekasi, Idi Susanto menyampaikan bahwa pihaknya pekan kemarin memang dengan melakukan pemeliharaan saluran air di lokasi tersebut. Hal ini dilakukan lantaran ruas jalan tersebut kerap tergenang saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

“Jadi di situ kan tergenang terus, itu kita Maintenance salurannya. Kemarin sudah terbukti, hujan (Rabu) sore kemarin tidak lama langsung surut,” ungkapnya, Minggu (21/4/2024).

BACA JUGA: Jalan Galaxy hingga Sumber Artha Bersiap Dipermak

Pekerjaan tersebut kata dia, dilakukan pada malam hari agar tak mengganggu lalu lintas. Siang hari petugas memasang penanda agar tak dilintasi pengendara.

Selain Jalan Ir H Juanda, Idi menyebut satu ruas jalan lagi yang kerap banjir. Lalu lintas di kedua ruas jalan tersebut diketahui sangat padat, terutama di jam sibuk.

Ruas jalan kedua adalah Jalan Pekayon, tidak jauh dari lampu merah Pekayon. Pekan kemarin pihaknya telah meninjau lokasi saluran air di sekitar area tersebut. Diketahui ada titik longsor di bibir saluran air sehingga menghambat aliran air menuju ke Kali Bekasi.

BACA JUGA: Diterpa Hujan-Angin hingga Pekan Depan

Perbaikan saluran selain dilakukan oleh Pemkot Bekasi, pihaknya juga mengajak pelaksana proyek apartemen di sekitar untuk memperbaiki saluran air guna meminimalisir genangan banjir di ruas jalan Pekayon.

“Selain itu (Jalan Ir H Juanda) juga pertigaan Pekayon, kita sudah turunkan alat di lokasi yang longsor,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin