Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

8 Alasan M2 Nyalon Wali Kota Bekasi 2024

Mochtar Mohamad (M2) bersama masyarakat Kota Bekasi. Foto ist.

RADARBEKASI.ID, BEKASI –   Bursa bakal calon Wali Kota Bekasi di Pilkada Kota Bekasi 2024 diramaikan dengan kehadiran tokoh Mochtar Mohamad (M2).

Wali Kota Bekasi periode 2008-2013 itu kembali maju ke pentas politik kepala daerah Kota Bekasi dengan mengikuti penjaringan balon Wali Kota Bekasi dari PDI Perjuangan dan PKB.

Berikut ini 8 alasan M2 yang juga Bappilu DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, maju kembali di Pilkada Kota Bekasi 2024:

BACA JUGA: NSD: Kasus Hukum M2 Sudah Tuntas, yang Menyoal Tidak Mengerti Hukum

1. Kursi PDI Perjuangan 9 Kursi

Hasil Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Kota Bekasi 2024, kursi PDI Perjuangan Kota Bekasi dari 12 kursi turun menjadi hanya 9 kursi.

Untuk mencalonkan sebagai Wali Kota Bekasi, PDI Perjuangan tidak dapat mendaftar sendiri melainkan harus berkoalisi dengan partai lain untuk tiket Pilkada 2024.

“Tiket Pilkada Kota Bekasi kan syaratnya 10 kursi. Dan sampai saat PDI Perjuangan belum mendapat parpol lain untuk ikut gabung atau koalisi. Sementara parpol lain akan gabung apabila M2 yang maju Pilkada Kota Bekasi 2024,” ungkap M2 kepada Radarbekasi.id, Sabtu (4/5/2024).

BACA JUGA: M2: PKB Kota Bekasi Dua Kali Usung Saya

2. Rakor Pilkada DPP PDI Perjuangan

Dalam rakor DPP PDI Perjuangan di Menteng, Jakarta Pusat pada 29 April 2024 yang diikuti kader dari seluruh indonesia, M2 didaulat maju dalam perhelatan Pilkada Kota Bekasi 2024.

“Saya disuruh maju oleh pimpinan rapat DPP waktu itu, yakni Mas Utut Adianto (ketua Fraksi DPR RI),” klaim M2.

3. Krisis Figur Kepemimpinan

Kota Bekasi dinilai mengalami krisis figur kepemimpinan saat ini. M2 menilai, meski tahapan Pilkada Kota Bekasi 2024 di KPU Kota Bekasi sudah berjalan, tetapi belum muncul figur calon pemimpin yang mumpuni dan membumi.

BACA JUGA: Penjajakan Jelang Pilkada Kota Bekasi, Herkos Bertemu M2

Penjaringan dan pendaftaran Bacalon Wali Kota Bekasi di DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi dinilai M2 sepi peminat.

“Sedangkan pendaftaran calon Wali Kota/Wakil Wali Kota mulai bulan Agustus yang hanya tinggal tiga bulan lagi,” sambung yang akrab disapa Babeh M2.

Pendaftaran pasangan calon (paslon) di DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi dibuka pada 1 april dan ditutup 20 April. Hanya ada satu orang pendaftar dari internal partai, dan satu orang eksternal.

BACA JUGA: Maju Nyalon Wali Kota Bekasi, M2 Minta Doa Restu Masyarakat

Kondisi Kota Bekasi dinilai M2 berbeda jauh dengan pendaftaran di DPC PDIP Kota Bogor. Di mana jumlah pendaftar mencapai 14 orang. Dari fenomena ini, M2 menilainya sebagai indikator gejala negatif di Kota Bekasi.

4. Desakan Forum RW

Hari terakhir pengambilan formulir penjaringan balon kepala daerah di DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, para ketua RW di Forum RW Bekasi Utara mengambil formulir dan mengantarkan formulir itu ke rumahnya.

5. KSB DPC PDI Perjuangan Absen Rapat Saat Bahas Pilkada se-Jabar

Kemudian saat dibicarakan dalam rapat partai DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Minggu 21 April 2024, M2  dipersilakan maju di Pilkada Kota Bekasi.

BACA JUGA: M2: Insya Allah, Tahu Cara Menang Pilkada Kota Bekasi 2024, Sudah Pengalaman

“Dan kebetulan dalam tahapan awal rapat tentang Pilkada mengundang Bacawalkot dan DPC PDI Perjuangan se-Jabar. Dari Kota Bekasi calon internal tidak datang, dan dari DPC, KSB pu  tidak hadir pula, ini memperparah situasi,” keluhnya.

6. Ada Kerinduan Masyarakat

Alasan lain M2 maju dalam kontestasi politik di Kota Patriot, adalah adanya kerinduan masyarakat akan sosok pemimpin yang humble. Pemimpin yang selalu mengayomi dan dekat dengan rakyat.

“Setiap hari telinga saya mendengar dan menerima omongan, termasuk di WAG (WhatsApp Group) dari orang yang saya kenal dan yang tidak kenal, sehingga minggu lalu rapat keluarga diputuskan saya maju Pilkada 2024,” tegasnya.

BACA JUGA: Heri Koswara Jajaki Koalisi PKS-Partai Golkar di Pilkada Kota Bekasi 2024

7. Kantongi Restu Pimpinan Lintas Parpol

Tekad M2 maju dalam Pilkada Kota Bekasi 2024 berkaitan dengan restu. Politisi senior PDIP ini bertemu dengan sejumlah pimpinan partai di Kota Bekasi, Jawa Barat, dan pimpinan pusat.

Dari pertemuan petinggi lintas partai tersebut, pada umumnya menyimpulkan restu bagi M2 untuk maju di Pilkada Kota Bekasi.

“Dari pimpinan lintas partai yang saya temui dan yang saya terima di rumah, umumnya merestui saya maju. Saingan saya sekalipun merestui saya maju. Bahkan ingin jadi pendamping saya. Anehnya ada yang mundur juga disampaikan ke saya,” klaim M2 lagi.

BACA JUGA: M2 Serius Nyalon Wali Kota di Pilkada Kota Bekasi, DPP PDI Perjuangan Pilih Siapa

8. Tekad Wujudkan Kota Bekasi Mandiri dan Madani

Ada keinginan dari M2 untuk mewujudkan Kota Bekasi yang Mandiri dan Madani (M2). Dia mengaku visi misi itu terinspirasi dari konsep Trisakti Bung Karno. Di Kota Bekasi akan direalisasikan dengan program pendidikan, kesehatan gratis dan kemandirian ekonomi keluarga.

“Saya  terinspirasi dengan Konsep Trisakti Bung Karno, berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan,” pungkas M2. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin