Berita Bekasi Nomor Satu

Persiapan Asrama Haji Bekasi 85 Persen Sambut Jemaah Calon Haji

PERSIAPAN: Sejumlah fasilitas di Asrama Haji Bekasi nampak belum tertata rapi.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Air, listrik, tempat tidur, hingga mesin pemindai bagasi atau X-Ray beserta dengan fasilitas refleksi bagi jemaah lanjut usia (lansia) di Asrama Haji Bekasi harus dipastikan rampung persiapannya sebelum akhir pekan ini.

Begitu juga dua ribu lebih jemaah calon haji Kota Bekasi, segala sesuatunya harus dipastikan siap sebelum mulai masuk asrama pada akhir pekan nanti, Sabtu (11/5/2024).

Diketahui, Asrama Haji Bekasi masih mempersiapkan ruangan hingga fasilitas penunjang bagi jemaah sebelum terbang ke Arab Saudi. Radar Bekasi mendatangi beberapa ruangan di asrama tepat empat hari sebelum jemaah kloter pertama tiba di asrama.

Total ada lima gedung yang akan menjadi tempat menginap 27 ribu lebih jemaah dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat. Masing-masing adalah gedung Muzdalifah, gedung Mina A, B, C, D, dan E.

Petugas nampak tengah berbenah di aula kedatangan dan keberangkatan, serta di kamar yang akan ditempati oleh jemaah. Perlengkapan seperti meja, kursi, dan pendingin ruangan portabel sudah tersedia di aula, nampak pula mesin X-ray di aula keberangkatan jemaah sudah terpasang.

BACA JUGA: Calon Haji Berangkat dari Asrama Bekasi Berkurang

Sementara di dalam kamar telah tersedia delapan tempat tidur di dalam satu kamar. Saat ini petugas perlu memastikan saluran air dan listrik yang terhubung ke seluruh ruangan kamar tidak mengalami gangguan. Total 63 kloter yang akan berangkat pada masa penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Persiapan kita di Asrama Haji Bekasi sudah sekitar 98 persen, tinggal finishing-finishing saja sampai dengan nanti sebelum tanggal 10 kita sudah siap seluruhnya,” ungkap Pranata Humas Asrama Haji Bekasi, Fitsa Baharuddin, Senin (6/5/2024).

Tidak sedikit jemaah lansia yang akan berangkat tahun ini, meskipun diperkirakan tidak sebesar tahun lalu. Untuk itu, jemaah lansia masih menjadi prioritas pada penyelenggaraan haji tahun ini.

Pelaksanaan konsep One Stop Service pertama kalinya dilaksanakan tahun ini, semua pelayanan kepada jemaa dilakukan di aula kedatangan. Hal ini menjadi tantangan bagi Asrama Haji Bekasi.

“Kedua masih ada jemaah lansia yang jumlahnya tidak sedikit, itu juga menjadi tantangan besar, kita harus benar-benar melayani,” katanya.

BACA JUGA: Kloter Pertama Jemaah Haji Kota Bekasi Masuk Asrama 11 Mei 2024

Ia mengingatkan kepada jemaah untuk tidak membawa makanan dari luar, lantaran konsumsi selama berada di asrama hingga menunaikan ibadah haji di Arab Saudi sudah disediakan dan dijamin kandungan gizinya oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Satu lagi, yakni tidak membawa barang-barang di luar ketentuan maskapai penerbangan.

“Ada barang berbentuk cairan yang terbatas, ada senjata tajam. Jadi ada batasan-batasan yang sudah ditetapkan oleh pihak penerbangan,” tambahnya.

Total ada 2.764 jemaah calon haji dari Kota Bekasi yang akan berangkat tahun ini, terbang dalam 10 kloter. Tahun ini jemaah tertua dari Kota Bekasi berusia 88 tahun.

“Jemaah usia mulai dari 65 Sampai 88 tahun berjumlah 451 jemaah,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi, Sri Siagawati.

Empat hari sebelum kloter pertama Kota Bekasi masuk asrama haji, persiapan disebut sudah di angka 90 persen.

“Persiapan sudah 90 persen. Manasik, koper, buku manasik sudah diterima oleh jemaah,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin