Berita Bekasi Nomor Satu

PPDB, Ramai-ramai Urus DTKS

PENUH: Masyarakat memenuhi selasar kantor Dinsos Kota Bekasi untuk mengurus DTKS.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Warga ramai mendatangi kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi untuk mengurus surat keterangan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP tahun ini tidak lagi menyatakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sebagai dokumen persyaratan untuk mendaftar di jalur jalur Afirmasi, melainkan hanya Suket DTKS.

Siang kemarin warga nampak mendatangi kantor Dinsos untuk mengurus Suket DTKS. Pendaftaran sekolah negeri jalur Afirmasi di semua jenjang memang mensyaratkan bukti terdaftar di DTKS.

Kepala Bidang Penanggulangan Masyarakat Miskin (Gulmakin) Dinsos Kota Bekasi, Yeyen Kusmiati menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan pelayanan dokumen ini untuk keperluan PPDB. Pihaknya telah mengirimkan surat ke seluruh kecamatan untuk menyiapkan operator DTKS di masing-masing kelurahan untuk memverifikasi permohonan masyarakat.

BACA JUGA: Jelang PPDB, Jumlah Masyarakat Urus KIA Kian Tinggi

Sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang PPDB 2024, pemerintah di tingkat kelurahan akan mengeluarkan Suket dilampiri tangkapan layar aplikasi Sosial Next Generation
(SIKS-NG) Kemensos RI sebagai bukti terdaftar.

“Jadi satu orang itu ada dua (lembar dokumen), Suket dan Screenshot aplikasi SIKS-NG untuk yang mau mendaftar di SD dan SMP,” katanya.

Sementara bagi calon siswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan SMA/SMK negeri, pihaknya membuka pelayanan di kantor Dinsos dan secara online melalui aplikasi pesan singkat. Keluarga calon siswa dapat meminta bukti terdaftar DTKS untuk persyaratan mendaftar di SMA/SMK negeri.

Pelayanan via online tersebut kata dia, dapat diakses melalui nomor 0852 1230 0301 dan 0859 5989 4409. Pemohon akan mendapatkan file informasi DTKS lewat cara ini.

BACA JUGA: Manuver Politik Kadisdik Ganggu PPDB Kota Bekasi

“Kita membagi (lokasi pelayanan) itu supaya tidak membludak. Jadi yang SD dan SMP silahkan ke kelurahan, yang SMA silahkan by WA yang sudah kita Share nomornya atau data langsung ke kantor Dinsos,” ucapnya.

Warga mulai berdatangan mengurus DTKS secara langsung usai pra pendaftaran PPDB dibuka pada awal pekan kemarin.

“Sejak kemarin (mulai ramai), karena pendaftaran kan dimulai tanggal 20. Kalau pelayanan via online sudah kita sosialisasikan sejak tanggal 13,” tambahnya.

Sekedar diketahui, tahun ini terdapat 884.022 jiwa warga Kota Bekasi yang terdaftar dalam DTKS Kementerian Sosial (Kemensos) RI. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin