Berita Bekasi Nomor Satu

Wisata Industri di Kabupaten Bekasi Menarik Perhatian Siswa Luar Daerah

WISATA INDUSTRI: Sejumlah siswa SMK Angkasa 1 Jakarta mengunjungi PT Moya Bekasi Jaya di Desa Pasirsari Cikarang Selatan, Rabu (10/7). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Wisata industri di Kabupaten Bekasi menarik perhatian siswa dari luar daerah. Seperti yang dilakukan oleh siswa SMK Angkasa 1 Jakarta.

Pada Rabu (10/7), sejumlah siswa sekolah tersebut melakukan kunjungan wisata industri ke Perumda Tirtha Bhagasasi, PT Moya Bekasi Jaya, dan Museum Gedung Juang 45.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada para siswa tentang tata cara pengelolaan air bersih dan mengenalkan peradaban manusia melalui koleksi artefak peninggalan sejarah di Kabupaten Bekasi.

“Dari kunjungan ini kami banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat, terutama untuk anak-anak. Mereka jadi tahu bagaimana pengelolaan air bersih dari air Kalimalang yang diolah sehingga bisa dipergunakan masyarakat di daerah Bekasi,” ucap Wakil Kepala SMK Angkasa 1 Jakarta, Tri Djoko Supriyadi kepada Radar Bekasi, Rabu (10/7).

BACA JUGA: Pemkab Bekasi Promosikan Wisata Industri ke Tingkat Nasional

Wisata industri ini diikuti oleh 100 siswa dari berbagai jurusan, seperti Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Permesinan, Teknik Kendaraan Ringan atau Otomotif, dan Penerbangan atau Airframe and Powerplant.

Ratusan siswa tersebut dibagi menjadi kelompok untuk mengelilingi Instalasi Pengolahan Air (IPA). Setiap kelompok ditemani instruktur yang menjelaskan proses pengelolaan air dari Sungai Kalimalang menjadi air bersih yang didistribusikan ke masyarakat.

“(Anak-anak tahu,red) bagaimana mengelola air yang masih ada limbahnya harus disaring seperti apa. Dan juga bisa tahu cara pembagian air ini misalnya kayak di tempat penampungannya,” katanya.
Wisata industri ke Kabupaten Bekasi merupakan kegiatan pertama bagi siswa SMK Angkasa 1 Jakarta. Pihaknya berencana kembali mengajak peserta didiknya untuk wisata industri ke Kabupaten Bekasi.

Sementara siswa kelas 11 SMK Angkasa 1 Jakarta, Ivana Dasma Kristy (17), mengatakan kunjungan ini sangat bermanfaat baginya. Selain dapat mengetahui sumber air yang dijadikan sumber air bersih warga Bekasi, ia juga dapat mengetahui sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah singgah di Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA: Remaja Berseragam SMA Beli Obat Terlarang di Babelan

“Aku jadi tau bahan kimia itu bisa dijadikan bahan untuk menjadikan air bersih. Harapan aku semoga bisa bermanfaat bagi aku dan pelajar lainnya dan aku bisa bekerja disini nantinya,” tutur Ivana.

Terpisah, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengungkapkan minat wisata industri di Kabupaten Bekasi sangat tinggi. Tak hanya dari pelajar di Kabupaten Bekasi, tetapi juga dari wilayah lainnya seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah.

“Mereka berwisata industri untuk melihat proses produksi. Ini suatu kebanggaan bagi Kabupaten Bekasi sebagai bentuk kepercayaan di dunia bisnis dan investor untuk berinvestasi di wilayah kita,” tandas Dani. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin