Berita Bekasi Nomor Satu

Penting Jaga Kesehatan Gigi si Kecil

Dokter Spesialis Kesehatan Gigi Anak Eka Hospital Bekasi, drg. Iskandar Biantoro, Sp.KGA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penting kiranya bagi para orangtua untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak saat menjalani ibadah puasa Ramadan ini. Sebab di kala puasa, anak akan rentan mengalami perlubangan pada gigi, radang gusi, bibir pecah-pecah, dan bau mulut. Itu semua disebabkan bakteri yang ada di mulut anak.

Maka dari itu, orangtua perlu memahami asupan makan apa yang baik untuk anak ketika sahur dan berbuka, yaitu berikan makanan yang banyak mengandung air, seperti buah-buahan, sayuran, dan perbanyak minum air putih.

 

 

Hindari makanan manis yang berlebih, asam dan berbau. Sebab kerusakan gigi dapat terjadi jika sisa makanan tertumpuk terlalu lama hingga menyebabkan gigi berlubang.

 

BACA JUGA: Si Langganan Sakit Lambung Tetap Bisa Berpuasa Ramadan dengan Aman dan Sehat, Berikut Tipsnya  

 

Lalu tips menjaga kesehatan mulut si anak selama berpuasa adalah sikat gigi, dental floss, bersihkan lidah menggunakan tang kliner, perbanyak minum air putih, lakukan fluoride setiap enam bulan sekali.

 

 

Tidak hanya itu semua aktivitas membersihkan mulut, menjadi penting ketika orang tua memberikan contoh atau sebagai role model bagi si anak ketika melakukan aktivitas tersebut.

 

 

Dianjurkan dua kali sehari membersihkan mulut setelah sahur dan sebelum tidur. Jika ada keluhan mulut pada anak maka segera lakukan pemeriksaan dan konsultasi pada dokter. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin