Berita Bekasi Nomor Satu

Pengawas Sekolah di Kota Bekasi Observasi Kinerja Kepsek

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SDN Jatiasih X Kota Bekasi berbaris di lapangan dan mendengarkan arahan dari pihak guru. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengawas sekolah di Kota Bekasi mulai melakukan observasi terhadap kinerja kepala sekolah (kepsek). Tujuan dari observasi ini untuk memberikan saran dan rekomendasi guna meningkatkan kinerja kepala sekolah.

Selain itu, berperan dalam pengembangan profesional guru, dengan fokus mengubah perilaku mengajar mereka. Pendampingan yang dilakukan mencakup peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah binaan, yang meliputi perencanaan kerja, pelaksanaan program, dan pelaporan kinerja sesuai tujuan yang diinginkan.

Kepala SDN Jatiasih X, Sadiah, menjelaskan bahwa observasi dilakukan setiap semester sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Kami menjadwalkan observasi setiap semester untuk mengetahui Rencana Hasil Kerja (RHK) masing-masing guru,” ujarnya kepada Radar Bekasi.

BACA JUGA: Sekolah Siapkan Evaluasi Tengah Semester, Pencapaian Kompetensi Peserta Didik jadi Fokus Utama

Sadiah menambahkan, kegiatan observasi bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana guru mengajar, sehingga proses pembelajaran dapat berpihak kepada siswa dan menciptakan suasana yang nyaman dan aman.

“Kami memperhatikan metode pembelajaran yang diberikan kepada siswa,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SDN Jatiluhur I, Agam, mengungkapkan bahwa observasi biasanya dilakukan selama satu pekan secara bergantian di setiap kelas.

“Kami menjadwalkan observasi selama satu pekan untuk setiap kelas,” ungkapnya.

Agam melanjutkan, penilaian dilakukan berdasarkan RHK yang disusun oleh guru, dan observasi ini juga berfungsi sebagai proses pengawasan oleh kepala sekolah. “Observasi kami lakukan sebagai pengawasan dalam proses pembelajaran,” tandasnya. (dew)