Berita UtamaPolitik

PAN belum Tentukan Pilihan

Radarbekasi.id – Partai Amanat Nasional (PAN) akan menghelat Kongres pada 5 Maret 2020. Di tengah tensi politik yang mulai memanas, DPW PAN Jawa Barat dipastikan mulai memetakan dukungan dalam waktu dekat.

Sekretaris DPD PAN Kota Bekasi, Abdul Muin mengakui, sejumlah wilayah telah menentukan pilihan. Salah satunya Jawa Timur. Untuk Jawa Barat, kata dia, kemungkinan akan diputuskan pada Februari 2020.

”Tentu sebelum itu kami dalam hal pemutusan ini, akan kita melihat padangan-pandangan dari pak Amin Rais selaku ikon partai, sekalaigus yang punya partai. Kita akan minta arahan bantuan pandangan dalam rangka pementukan figur mana yang layak untuk ke depan,” ujarnya, Senin (13/1).

Menurutnya, ada beberapa nama yang sudah memiliki dukungan di samping Ketua Umum, Zulkifli Hasan. ”Ya tentunya selaku sekretaris DPD belum bisa memberikan jawaban secara gamblang. Karena untuk kandidat, ada lima kurang lebih. Ini kan kader terbaik yang punya keinginan untuk calon ketua. Untuk Kota Bekasi, putusan ini akan ada rapat peleno dolu. Nanti kita akan menyampaikan,” tuturnya.
Lebih Jauh, kata dia, untuk pemilik suara pada Kongres hanya satu yakni ketua DPD. Untuk Jawa Barat sendiri, sejauh ini belum mengarah pada siapa akan memberikan dukungan.

”Dari lima kandidat, jabar belum menetapkan. Pertama, DPW Jawa Barat jabar belum mengumpulkan keseluruhan. Sehingga saya belum bisa memsatikan. Saat ini masih cair semuanya,” imbuhnya.

Ia berharap, siapapun ketua umumnya nanti mesti lebih mampu mebawa sebuah perubahan. ”Tentunya pada arah yang lebih baik dan mampu mengayomi seluruh pengus dan program yang diharapkan seluruh warga Indonesia,” tukasnya.

DPD PAN Kabupaten Bekasi juga belum menentukan pilihan pada kongres 2020 mendatang. Hal tersebut mengingat belum dilakukannya rapat harian di tingkat DPW PAN Provinsi maupun DPD PAN Kabupaten Bekasi.

Sekretaris DPD PAN Kabupaten Bekasi, Roy Kamarullah mengatakan, terdapat empat kandidat yang diproyeksikan maju. Yakni Hanafi Rais, Zulkifli Hasan, Asman Abnur, dan Hairul Wibowo.

Menurut Roy, semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. ”Kita sampai dengan saat ini belum melakukan rapat harian, karena dari empat kandidat yang ada kita akan bahas dulu di rapat harian,” ujarnya.

Dia menegaskan, untuk waktu dan tempat kongres sudah ditentukan di Sulawesi Tenggara. Kendati demikian, DPW PAN Provinsi Jawa Barat belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai kongres.

”Kongres itu di awal Februari tempatnya di Kendari, Sulawesi Tenggara. Di penghujung waktu ini mungkin ada undangan Rakerwil. Nanti rapatnya di DPW dulu baru di DPD,” ucapnya. (dan/pra)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close