Berita UtamaCikarang

Panitia Pilkades Harus Netral

Pilkades
PILKADES :Sejumlah warga berdesakan untuk saat pemilihan kepala Desa Tambun, Stadion Mini Tambun pada Agustus 2018. ARIESANT/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 16 desa di Kabupaten Bekasi diminta untuk menjaga netralitas.

Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bekasi, Maman Firmansyah berharap, para panitia yang dibentuk oleh BPD di tiap-tiap desa memiliki kapasitas untuk menjalankan tugasnya.

”Kita harap agar panitia ini bisa selalu jaga netralitas dan memiliki tanggung jawab tinggi dalam tugasnya,” kata Maman beberapa waktu lalu.

Terpisah, Camat Tambun Selatan, Junaefi berharap panitia khususnya di Desa Mangunjaya dan umumnya di semua desa yang menggelar Pilkades untuk selalu jaga netralitas dalam pelaksanaan tugasnya.

”Semoga pilkades serentak 2020 di Mangunjaya, dan umumnya di kabupaten berjalan lancar untuk itu kami berharap para panitia bisa pasti apa yang lakukan dan dikerjakan itu sesuai dengan aturan juklak dan juknisnya,” katanya, Rabu (29/1).

Sementara itu, Kapolsek Tambun Kompol Siswo meminta, agar panitia Pilkades mampu menjaga netralitasnya selaku penyelenggara. Karena, hal ini menjadi modal agar proses demokrasi tingkat desa bisa berjalan lancar, aman, tertib, dan sukses.

”Kami akan terus mengawal proses tahapan persiapan panitia dalam pelaksanaan pilkades ini, dan kami tekankan agar panitia menjunjung tinggi netralitas, jangan sampai memihak ke salah satu calon karena itu bakal menimbulkan potensi konflik di tengah masyarakat,” tegasnya. (cr49)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button