Berita UtamaKeuangan

Skenario Terburuk Rupiah Tembus Rp20.000/Dolar AS

RADAR BEKASI.ID- Kementerian Keuangan telah bersiap pada skenario terburuk terhadap perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang diprediksi akan terus melemah.

Masih menggilanya wabah Covid-19 diperkirakan bisa membuat kurs rupiah terhadap dolar bisa menyentuh angka Rp20.000.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan skenario terburuk jika rupiah terus melemah hingga mencapai Rp20.000 per dolar AS.

’’Skenario terburuk bisa di kisaran Rp20.000. Sedangkan kita proyeksinya di kisaran Rp17.000,” ujar Sri Mulyani, Rabu (1/4) seperti dilansir Jawapos.com.

Di sisi lain, Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa pihaknya turut menjaga angka inflasi selama dampak virus corona berlangsung di kisaran 3,9 persen meskipun sebelumnya pada UU APBN di kisaran 3,1 persen.

“Inflasi masih akan tetap terjaga di kisaran 3,9 persen,” jelasnya. Sri Mulyani melanjutkan penyebaran virus corona memaksa pemerintah dan otoritas moneter melakukan kebijakan yang tidak biasa. Kebijakan yang bersifat textbook sudah tidak bisa lagi diterapkan.

’’Pemerintah di berbagai negara menggelontorkan stimulus fiskal dalam jumlah besar. Misalnya di Australia, yang mengeluarkan stimulus fiskal bernilai 9,7 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB),” tutupnya.  (jpc)

Related Articles

Back to top button