Berita Bekasi Nomor Satu

Harga BBM dan Kantong Rakyat

Radarbekasi.id – NGERI cara bisnis Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia, baru katahuan publik sekarang mengapa meski harga minyak mentah sudah sangat murah dan tak ada harganya, tapi harga BBM di Indonesia tidak mau turun.

Ternyata ini bukan bisnis biasa atau jualan tempe atau tahu atau cendol, yang harga jualnya ditentukan harga bahan baku. Tapi ini adalah bisnis politik, yakni berbisnis dan memasang harga politik.

Caranya melalui peraturan pengaturan harga beli dan harga jual BBM yang diatur pemerintah, yakni Menteri ESDM dan institusi pemerintahan lainnya, dengan membuat formulasi harga dengan tambahan berbagai pungutan yang ditetapkan dalam berbagai angka konstanta.

Harga beli impor BBM di Singapura dilakukan dengan rumus: MOPS + Rp 2000 untuk BBM jenis di atas Ron 95 dan Rp 1.800 untuk Ron 95 ke bawah + margin 10 % dari harga dasar.

Mid Oil Platts Singapore (MOPS)= adalah harga asli ditambah semacam angka konstanta untuk keuntungan singapura dan para trader. Tambah Rp 2.000 = keuntungan orang Indonesia, entah siapa dan darimana dipungut angka konstanta Rp 2.000 ini.

Kata mantan pejabat Pertamina “dari udara”. Tambah margin 10 % = keuntungan orang Indonesia entah siapa? Dan entah darimana dipungut angka konstanta 10 % ini.

Tak peduli harga naik atau turun, dia tetap dapat 10 %. Macam pemalakan. Selanjutnya jual BBM di dalam negeri ditetapakan dengan rumus tambahan lagi yakni: Plus PPN 10% + PPH + Pajak Bahan Babar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebesar 5% + plus pungutan pemerintah daerah (suka-suka Pemda setempat) + ongkos angkut BBM Rp 200/liter untuk Jabodetabek.

Luar Jabodetabek lebih mahal lagi. Rumus-rumus itulah yang menjadi parasit yang menggerogoti kantong rakyat setiap beli BBM. Jadi kalau rakyat berhenti beli BBM, hilang uang dan bangkrut itu elite semua. (*)

Peneliti dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin