Covid-19

Pastikan Seluruh Siswa Ikut UAS

Yopik Roliyah
Yopik Roliyah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ujian Akhir Semester (UAS) kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ya, pada masa pandemi Covid-19 ini, seluruh  Kegiatan Belajar mengajar (KBM) dilakukan melalui Dalam jaringan (Daring), begitu juga pelaksanaan UAS.

Sesuai jadwal, UAS tingkat SMP akan dilaksanakan pada 2 Desember 2020. Dinas Pendidikan Kota Bekasi mengaku sudah mensosialisasikan UAS sejak jauh hari. ”Ya, UAS masih sama seperti UTS kemarin melalui Daring. Sesuai jadwal tanggal 2 Desember, tapi ada juga sekolah yang baru mulai tanggal 7 Desember,” kata Kepala Bidang Program Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi (Disdik) Yopik Roliyah.

Dia menegaskan, ujian yang dilakukan harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini yang cenderung tidak seefektif belajar mengajar di dalam kelas. Dia meminta, ujian yang dirancang disesuaikan dengan materi yang sudah disampaikan. ”Pastinya berbeda dengan belajar secara tatap muka,” imbuhnya.

Selain sosialisasi UAS, dia mengaku pihaknya juga mensosialisaikan penerapan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga  Jarak dan Mencuci Tangan menggunakan Sabun) kepada seluruh warga sekolah.

“Untuk sosialisasi kita sudah sampaikan kepada kepala satuan pendidikan tingkat SMP. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan bukan hanya diberikan kepada guru tetapi dalam metode pembelajaran juga disampaikan kepada siswa, termasuk sosialisasi 3M,” paparnya.

Dia juga meminta kepada pihak sekolah untuk memastikan seluruh materi pelajaran salama satu semester disampaikan dengan baik. Selain itu juga, memastikan seluruh siswa bisa mengikuti UAS.

 “Selain memastikan bahwa materi tersampaikan dengan baik, guru juga harus berkomunikasi dengan siswa. Memastikan bahwa seluruh siswa dapat melaksanakan UAS secara daring ini dengan baik, jika ditemukan kendala maka dapat segera diperbaiki dan dicari bersama-sama jalan keluarnya,” pungkasnya. (dew/adv/hms)

Related Articles

Back to top button