Studi Visit Mahasiswa Institut STIAMI ke Humas Pemkot Bekasi

STIAMI
FOTO BERSAMA: Sejumlah mahasiswa Institut STIAMI dan perwakilan humas Pemkot Bekasi foto bersama. Dewi Wardah /Radar Bekasi
STIAMI
FOTO BERSAMA: Sejumlah mahasiswa Institut STIAMI dan perwakilan humas Pemkot Bekasi foto bersama. Dewi Wardah /Radar Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Studi visit dilakukan oleh mahasiswa Institut STIAMI ke Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Kunjungan belajar ini terkait dengan mata kuliah Crisis Management dan Opini Publik.

Sebanyak 50 mahasiswa yang didampingi dosen mata kuliah Manajemen Komunikasi Teuku Syahrul Reza diterima Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi Sajekti Rubiah, beserta Ketua Bidang Perekonomian dan Perdagangan TWUP4 Ihsan N Kuncoro dan Ketua Bidang Pendidikan TWUP4 Yayah di Balai Patriot, Jumat (4/12). Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan.


Dalam kesempatan itu, Teuku menjelaskan, kunjungan belajar ini diikuti oleh mahasiswa semester 5. Adapun tujuan kegiatan ini agar mahasiswa tak hanya menerima teori, tetapi juga mengetahui peran hubungan masyarakat.

“Ini merupakan mata kuliah terapan. Jadi saya tidak ingin memberikan teori saja kepada mahasiswa tetapi juga ingin mengajar mahasiswa untuk terjun langsung melihat dan mengetahui bagaimana cara penanganan kasus yang terkait dengan public relation,” ujarnya kepada Radar Bekasi.


Dengan adanya praktik dalam kunjungan belajar ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman terbaik yang ditangani oleh Humas Pemkot Bekasi. Kedepannya, para mahasiswa dapat mengeksplorasi lebih jauh tentang apa yang sebenarnya Kota Bekasi lakukan untuk masyarakat dan lingkungan luas.

“Kita berharap mahasiswa menjadi bagian dari partner shift dari pada Pemerintah Kota Bekasi,” harapnya.

Sajekti Rubiah memaparkan tugas pokok dan fungsi Humas Pemkot Bekasi sesuai perwal struktur organisasi. “Jadi bagian humas itu selain memberikan informasi, mendokumentasikan, juga mempublikasikan setiap kegiatan Pemerintah Kota Bekasi. Di dalam bagian humas terbagi menjadi tiga sub bagian, yang pertama sub bagian dokumentasi internal, sub bagian fasilitasi kunjungan dan sub bagian publikasi eksternal,” paparnya.

Menurut Sajekti, Pemkot Bekasi menerima para mahasiswa melakukan magang atau praktik kerja lapangan. “Ini adalah salah satu bentuk kerja sama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan kampus atau universitas yang ada di Kota Bekasi,” pungkasnya. (dew)