Berita Bekasi Nomor Satu

Jawa Barat Akan Ikuti Pola Thailand

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akan melakukan perubahaan strategi dalam upaya penanganan Covid-19. Di mana, Jawa Barat akan mengikuti pola penanganan seperti di negara Thailand, yang dianggap terbaik di Asia Tenggara oleh Organisasi Kesehatan Sedunia atau WHO, yaitu memaksimalkan potensi di Puskesmas.

“Pada 2021 ini, kami memutuskan untuk merubah strategi, yakni mengikuti pola di Thailand, yang dianggap oleh WHO terbaik di Asia Tenggara, yaitu memaksimalkan potensi Puskesmas,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (1/2).

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, dalam upaya memaksimalkan potensi Puskesmas, sebenarnya masih ada kekurangan, karena rasionya masih jauh. Kendati demikian, Emil akan terus berupaya, dengan menghadirkan lima orang baru di Puskesmas, yang bertugas hanya mengurusi pasien Covid-19.

“Walaupun masih ada kekurangan, karena rasionya masih jauh, tapi kami coba berupaya,” beber Emil optimis.

Lanjut mantan Wali Kota Bandung ini, dengan kehadiran lima orang tersebut, yang dikenal sebagai pasukan khusus, membuat proses trecing di Jawa Barat bisa lebih baik.

“Mudah-mudahan dengan program ini, bisa meningkatkan pencegahan Covid-19, sehingga kasus-nya bisa turun dengan cepat,” harapnya.

Kata Emil, dari hasil evaluasi yang dilakukan pada tahun 2020 lalu, ternyata pencegahan penyebaran Covid-19 melalui Puskesmas secara umum, masih sangat lemah, karena tidak bisa mengandalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada untuk melakukan proses mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak (3M) secara maksimal.

“Selama 2020, tenaga kesehatan di seluruh Indonesia, hanya mengandalkan tim yang ada, tanpa khusus. Ternyata, rasio trecingnya satu banding empat,” ucap Emil. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin