Berita Bekasi Nomor Satu
Sosial  

SNNU Jabar-Loka PSPL Serang KKP Kembangkan Mangrove dan Garam

Ketua SNNU Jawa Barat Muslim Hafid (dua dari kanan) menyerahkan kenangan kepada Kepala Loka PSPL KKP RI Iwan Alkadrie, Ahad (18/4/2021).
Ketua SNNU Jawa Barat Muslim Hafid (tengah) menyerahkan kenangan kepada Kepala Loka PSPL KKP RI Syarief Iwan al-Kadrie, Ahad (18/4/2021).

RADARBEKASI, JAKARTA-Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Jawa Barat bekerjasama dengan Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Laut (PSPL) Serang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI untuk pengembangan mangrove dan potensi garam di Jawa Barat.

Ketua Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Jawa Barat Muslim Hafidz mengungkapkan, terima kasih kepada Kepala Loka PSPL KKP masih menyempatkan waktu luang bertemu bersama jajaran pengurus di Depok, Ahad  malam (18/4/2021).

“Alhamdulillah, bisa diterima Kepala Loka PSPL Serang Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Bapak Syarif Iwan al-Kadrie membincang terkait pengembangan mangrove dan potensi garam di wilayah Jawa Barat, kami bersyukur disela-sela kesibukannya masih diberikan kesempatan untuk bertemu”, ujar Muslim Hafidz.

Kepala Loka PSPL KKP, ungkap Muslim, mengapresiasi SNNU Jawa Barat yang mau membantu pemerintah dalam menjaga laut di wilayah Jawa Barat. “Beliau juga meminta lokasi yang belum ditanam dan kelompok binaan SNNU untuk ditanam mangrove,” ujar lulusan Magister Manajemen Pembangunan Sosial FISIP Universitas Indonesia ini.

Lebih lanjut Muslim mengatakan, Loka PSPL KKP meminta agar SNNU Jawa Barat menjadi mitra strategis dalam pengelolaan sumberdaya pesisir laut.

“Sebab itu, kami SNNU Jawa Barat mengajak SNNU di tingkat Kabupaten/Kota baik di wilayah laut Utara maupun Selatan untuk turut ikut serta membantu pemerintah dalam menanam pohon mangrove, karena mangrove dapat mencegah intrusi air laut, erosi dan abrasi pantai dan sebagai pencegah dan penyaring alami dan sebagai tempat hidup dan sumber makanan,” harap Ucim, sapaan akrabnya.

Sedangkan mengenai potensi garam, imbuh Ucim lagi, sebagaimana garis kebijakan PP SNNU yaitu menolak impor garam dan tetap mengharapkan pemberdayaan garam lokal agar makin berkualitas. (zar)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin