Berita Bekasi Nomor Satu

Pastikan Daftar Pemilih Akurat

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin
Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi mulai melakukan pemutakhiran data pemilih untuk persiapan menjelang pemilu tahun 2024 mendatang. Pemutakhiran dilakukan agar seluruh warga memiliki hak pilih pada pemilu mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin meminta masyarakat untuk melapor ke KPU jika ada anggota keluarganya yang belum masuk menjadi pemilih. Atau ada anggota keluarga yang tidak memenuhi persyaratan menjadi pemilih, seperti meninggal dunia dan sebagainya.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, diamanatkan untuk melakukan pemutakhiran. Kemudian turunlah surat keputusan Ketua KPU RI, yang memerintahkan kepada KPU di setiap daerah untuk melakukan pelayanan. Sejauh ini kata Jajang, pihaknya sudah melakukan pelatihan dan sebagainya.

“KPU RI mengatakan secara berkala, berkesinambungan, kita melakukan pelatihan-pelatihan, bimtek, diskusi, dan bedah-beda regulasi,” ungkapnya kepada Radar Bekasi, Rabu (14/7).

Nantinya, lanjut Jajang,  setiap satu bulan sekali KPU akan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Misalkan di bulan ini ada dua hingga tiga orang penambahan atau pengurangan pemilih. Kemudian, setelah itu akan dituangkan dalam berita acara.

Sementara, untuk rakor dengan Partai Politik (Parpol) akan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Dalam hal ini, KPU akan membuatkan berita acara, dan diberikan ke setiap Parpol. Namun demikian, sejauh ini dari gerakan yang ada (pemutakhiran data pemilih), justru ada pengurangan. Karena banyak pemilih yang setelah dikroscek validasi data kependudukan di Disdukcapil, tidak lagi menjadi penduduk.

“Jadi data yang pemilih yang di kita, dikroscek terkait dengan sembilan yang memenuhi persyaratan. Kemudian di Disdukcapil ada beberapa yang tidak lagi menjadi penduduk, sudah pindah, dan sebagainya,” ucapnya. (pra)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin