Demokrat Siapkan Vaksin Untuk 500 Orang

Ronny Hermawan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Bekasi berencana menggelar vaksin massal. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 31 Juli mendatang, bertempat di sekretariat Partai Demokrat, di Ruko Bekasi Town Square, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Ketua DPC Demokrat Kota Bekasi, Ronny Hermawan mengatakan, kegiatan vaksinasi ini yang bakal digelar partainya merupakan agenda perdana dengan kerjasama pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi. Dia menyebut, tujuan digelarnya acara sebagai bentuk dukungan terkait program pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19.


Selain itu juga, diakui mantan wakil rakyat di DPRD Kota Bekasi periode 2014-2019, acara vaksinasi ini adalah bentuk tanggung jawab moral parpol sebagai pilar bernegara untuk bisa merangkul sebanyak-banyaknya warga agar tidak ragu divaksin sebagaimana target Presiden untuk melakukan satu juta vaksin per hari secara nasional.

“Jadi, kegiatan kami ini sebagai bentuk dari tanggung jawab moril parpol sebagai pilar bernegara untuk ikut mendukung program yang telah dicanangkan pemerintah. Tentu, ini juga butuh tanggungjawab kita bersama, termasuk warganegara,” kata Ronny, Kamis (15/7).


Ronny mengaku, vaksin massal rencananya akan dilaksanakan pada sabtu (17/7) besok. Namun, karena para nakes yang disiapkan Dinkes itu masih sibuk bertugas melakukan vaksinasi yang menjadi program Pemkot di wilayahnya, akhirnya kegiatan pun diundur pada tanggal 31 Juli 2021 mendatang.

“Untuk jumlah peserta target kita 500 orang, dan bagi warga yang mau mendaftar silahkan bisa melalui WA atau datang ke kantor kami,” imbuhnya.

Menurutnya, program vaksinasi ini memiliki manfaat sangat besar dan merupakan salah satu langkah memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Pasalnya, setiap orang yang sudah divaksin akan lebih punya daya tahan tubuh lebih baik dibanding yang belum divaksin.

“Pemerintah RI sudah menjamin Vaksinasi ini aman dan halal, jadi masyarakat tidak perlu takut dan ragu. Mari berikan dukungan untuk suksesnya program pemerintah dalam upaya mempercepat vaksinasi nasional agar dapat terciptanya kekebalan kelompok atau Herd immunity,” tegasnya.

Terpisah, Wali kota Bekasi Rahmat Effendi mengakui, bahwa pihaknya mempersilakan bagi partai politik membuat kegiatan vaksin sebagai programnya, karena tentu itu bagian dari dukungannya terkait percepatan vaksin di Kota Bekasi. Namun, pihaknya mesti lebih mengutamakan dulu warga di wilayah yang menjadi kewajiban pemerintah melayani.

“Jadi, boleh saja parpol mengadakan vaksin juga di tempatnya. Tapi, tentu kita utamakan dulu warga seluruhnya. Kecuali jika mereka memiliki vaksinator dan nakesnya sendiri itu bisa kita drop vaksinnya kesana, tapi ini kan tidak. Sehingga, silakan saja siapin tempat dan pesertanya biar nanti alat dan keperluan lain kita yang siapin,” tandasnya. (mhf)