Berita Bekasi Nomor Satu

Menko Airlangga: Sentra Vaksinasi Masyarakat Wujud Dukungan Bagi Pemerintah

 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), pada hari Sabtu (07/08), melakukan kunjungan ke sentra Vaksinasi Kanisius yang berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC) untuk meninjau perkembangan pelaksanaan vaksinasi.

Vaksinasi bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit. Seseorang yang sudah divaksinasi akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik karena vaksin menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh dapat secara aktif melawan penyakit tertentu, sehingga kemungkinan terjadinya gejala berat pada orang yang sudah divaksinasi akan lebih kecil.

Pemerintah terus berkolaborasi dan melakukan kerja ekstra dengan berbagai Kementerian dan Lembaga dalam upaya mengendalikan pandemi Covid-19, termasuk dengan seluruh elemen masyarakat. Diharapkan dari upaya vaksinasi dapat mengurangi angka Bed Ocupancy Rate (BOR) di fasilitas kesehatan, yang tentunya berkorelasi dengan turunnya angka kematian.

Data sampai dengan tanggal 7 Agustus 2021 pukul 18.00 menunjukkan dari total sasaran vaksinasi sebesar 208.265.720, status vaksinasi di Indonesia telah mencapai 23,99% untuk vaksinasi dosis pertama, dan 11,30% untuk vaksinasi dosis kedua. Pencapaian tersebut tidak lepas dari peran kerjasama antara Pemerintah, swasta dan masyarakat

Dalam sambutannya, Menko Airlangga mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh Kanisius dan antusiasme masyarakat yang datang untuk divaksinasi. “Dapat menarik minat masyarakat dan kami lihat lansia juga hadir, juga beberapa penyandang disabilitas bahkan ada ibu-ibu berusia 92 tahun. Terimakasih karena ini adalah bentuk dari social responsibility yang dilakukan oleh alumni Kanisius dan juga mitra-mitra Kanisius,” ujar Menko Airlangga.

Lebih lanjut Menko Airlangga menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi ini dapat menginspirasi kemunculan sentra vaksin lainnya. “Kami mengapresiasi civil societyuntuk ikut serta membuat sentra-sentra vaksin. Sentra Kanisius adalah yang pertama dan ini menginspirasi para alumni tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota lain,” kata Menko Airlangga.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan hal terkait kedatangan vaksin yang harus diimbangi dengan laju tenaga kesehatan sebagai vaksinator. “Bulan ini akan datang lebih dari 70 juta. Untuk perbandingan, Januari-Juli kita dapat vaksin 90 juta, sekarang sebulan 70 juta. Jadi bisa dibayangkan nanti kecepatan penyuntikannya harus banyak,” tutur Menkes Budi.

Sentra Vaksinasi Kanisius berkordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat dan Tim Medis dari Pro Sehat. Melibatkan 400 orang tenaga kesehatan yang terbagi ke dalam dua regu dan dibantu oleh 150 orang tenaga non kesehatan. Sentra Vaksinasi Kanisius didasari oleh tujuan untuk mewujudkan peran Yayasan Alumni Kanisius Menteng  Enam Empat (AM64) dalam membantu Pemerintah Indonesia untuk mencapai target vaksinasi.

Sentra Vaksinasi Kanisius yang diinisiasi oleh Yayasan AM64 ini berlangsung di JCC dari tanggal 5-18 Juli 2021 (penyuntikan dosis pertama) dan 2 Agustus sampai dengan 15 Agustus (penyuntikan dosis kedua). Sentra Vaksinasi Kanisius buka setiap hari (Senin-Minggu) antara pukul 08.00 sampai dengan 18.00. Mengusung tema “Aman-Halal-Gratis”, vaksinasi terbuka untuk masyarakat umum. Melalui sentra Vaksinasi Kanisius, diharapkan dapat didistribusikan sebanyak 140.000 dosis vaksin kepada 70.000 akseptor.

“Saya minta ini terus berjalan, karena komitmen alumni Kanisius untuk masyarakat ini sejalan dengan program Pemerintah. Kami mengapresiasi, karena untuk menghadapi Covid-19 kita harus memeranginya secara bersama-sama. Tidak hanya Pemerintah, tidak hanya TNI-Polri, tetapi juga melibatkan civil society sebagai bagian dari tanggung jawab sosial,” pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir mendampingi Menko Airlangga di Sentra Vaksinasi Kanisius diantaranya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia Arie Setiadi, dan Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury. (*/)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin