BEKACITIZENOpini

Agar Hidup Lebih Tentram dan Bahagia

Oleh: Achmad Muwafi, Lc

Oleh. Achmad Muwafi, Lc Kepala SDIT Baitul Halim Tambun Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – ALLAH SWT memberikan karunia kepada setiap hamba-Nya dengan kurnia yang tak terhingga jumlahnya, mulai ketika ia masih berada dalam kandungan sampai meninggal dunia. Di dalam Surat An-Nahl ayat 18, Allah swt berfirman, “Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, maka setiap manusia harus pandai mensyukuri atas segala karunia dari Allah swt, karena dengan bersyukur, maka rezeki dan nikmat itu akan lebih berarti dan membuat kehidupan menjadi lebih tentram dan bahagia.
Allah swt telah berjanji akan memberikan karunia-Nya yang lebih banyak kepada orang-orang yang pandai bersyukur kepada-Nya.

Mereka ikhlas dan merasa puas dengan karunia tersebut. Allah swt berfirman, “Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim 7).

Syaikh Ibnu Athaillah As-Sakandary menuturkan, “Bahwa barang siapa yang tidak mensyukuri nikmat Allah swt, maka ia telah menginginkan hilangnya nikmat tersebut. Dan barang siapa mensyukurinya berarti ia telah mengikat nikmat tersebut dengan talinya.”

Kata syukur diambil dari bahasa Arab yaitu syakara, yakuru, sukron yang berarti berterimaksih, mensyukri dan memuji. Sedangkan menurut istilah syara’ bahwa syukur adalah berterima kasih kepada Allah swt atas nikmat yang diberikan kepadanya yang dapat dibuktikan dengan lisan, hati maupun perbuatan.

Bersyukur kepada Allah swt atas nikmat yang telah diberikan kepada-Nya merupakan kewajiban setiap manusia tanpa memandang nikmat itu banyak ataupun sedikit. Kewajiban ini terdapat di dalam Al-Quran, Allah swt berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 172)
Allah swt berfirman, “Dan sungguh orang-orang yang bersyukur akan kami beri ganjaran.” (QS. Ali Imran: 145). Imam At-Thabari memberikan penafsiran tentang ayat ini, dengan menukil sebuah riwayat dari Ibnu Ishaq, “Dengan bersyukur, Allah sawt akan memberikan kebaikan yang Allah swt janjikan di akhirat dan juga melimpahkan rezeki baginya di dunia.”

Nabi Muhammad saw bersabda, “Dua hal apabila dimiliki oleh sesorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar.

Dalam urusan agama dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang lebih rendah, lalu bersyukur kepada Allah swt bahwa dia masih diberi kelebihan.” (HR. Tirmidzi)
Ya Allah, berilah aku ilham untuk senantiasa dapat mensyukuri atas segala nikmat yang telah Engkau berikan kepadaku Dan masukkanlah aku ke dalam golongannya orang-orang yang pandai bersyukur. Amin. (*)

Related Articles

Back to top button