Klaim Kasus Aktif 0,4 Persen

ILUSTRASI: Sejumlah pengunjung dan pedagang Pasar Baru ketika menjalani vaksinasi sebagai upaya menekan kasus Covid-19. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebut kasus covid-19 saat ini sudah menurun secara drastis. Kata dia, data terakhir menunjukkan kasus aktif tersisa 0,4 persen.

“Tinggal 26 RT (belum masuk zona hijau), artinya sudah 99 persen (masuk zona hijau) RT,” ujar Rahmat, Selasa (5/10).


Selain itu, Pepen panggilan akrabnya mengatakan, angka kematian akibat Covid-19 juga tidak ditemukan dalam beberapa hari terakhir.

“Angka kematiannya juga dalam empat hari ke belakang kosong,” ujar Pepen.


Sementara itu, terkait vaksinasi, hingga saat ini Pemkot Bekasi terus menggencarkan pemberian vaksin untuk menuntaskan vaksinasi terhadap 2.016.006 sasaran. Sejauh ini, vaksinasi Covid-19 baru menyentuh angka 73 persen atau 1.485.138 orang.

Merujuk data-data tersebut, menurut Rahmat, Kota Bekasi seharusnya tidak lagi berada di level 3 PPKM, melainkan level 1.

Kendati demikian, pihaknya menyerahkan sepenuhnya penentuan status PPKM ke pemerintah pusat.

“Kasusnya kan juga ada satu atau dua, itu kami anggap sama dengan orang flu ya, dengan fasilitas dan kapasitas kami yang ada, kalau saya mungkin bukan level 2, level 1 lah,” pungkasnya. (dil/pjk)