KPU Tunggu Usulan Parpol

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin
Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi terus melakukan audiensi ke partai politik (Parpol) untuk menerima masukan pelaksanaan Pemilu 2024. Namun , belum semua parpol menerima kunjungan KPU.

“Ada enam parpol yang minta penundaan, Gerindra, PPP, PBB, PKPI, Garuda, dan PAN. Kalau ini kaitan kami memberikan informasi, lalu informasi itu diterima oleh partai. Setelah itu parpol akan menanggapinya,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin, kepada Radar Bekasi, Rabu (13/10).


Kunjungan kerja yang dimulai pada Selasa 24 Agustus hingga 13 Oktober 2021 ini, untuk menjalin komunikasi dan sosialisasi Pemilu 2024. “Nggak apa-apa, karena ini bukan tahapan dan kewajiban. Jadi memang dari kami esensinya bukan pertemuan, tapi bagaimana informasi itu sampai,” ucapnya.

Setelah ini, Jajang menjelaskan tinggal menunggu usulan dari parpol mengenai wacana penambahan kursi legislatif. Mungkin untuk sekarang setiap parpol masih mensosialisasikan ke kader-kader, koordinasi, rapat, dan sebagainya. Dirinya berharap, ada respon dari parpol.


“Setelah ini selesai kami menunggu usulan dari parpol. Karena bisa saja parpol ada yang mengusulkan dapil jangan diubah, maupun lainnya. Itu mungkin saja,” tuturnya.

Hanya saja, dirinya mengaku sampai saat ini belum mendapat tahapan dari KPU RI. Sehingga untuk sekarang baru sebatas menerima usulan dari parpol, tapi belum bisa menindak lanjutinya.

“Kita belum dapat tahapannya dari KPU RI. Nanti setelah ada tahapan dari KPU RI, kita sampaikan ke parpol bahwa tahapan itu seperti ini, nanti diketahui, termasuk langkah-langkahnya. Baru kita akan menindak lanjuti hasilnya,” jelasnya. (pra)