Metropolis

Satu Perahu Keruk 200 Kilogram Sampah

Pemkot Bekasi Terjunkan Tiga Perahu Seehamster

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN- Sebanyak tiga Perahu Seehamster diterjunkan ke Kali Bekasi tepatnya di dekat Jalan Delta Raya, Kelurahan Pekayonjaya, Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi, Senin (15/11).

 

Perahu Seehamster diturunkan ke Kali Bekasi untuk mengangkat sejumlah sampah yang menggenang di permukaan Kali Bekasi. Sebelum menerjunkan ketiga Perahu Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto membuka terlebih dahulu Grand Launching Fasilitas Pengelolaan Sampah dan Aksi Bersih Kali Bekasi.

 

Melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Waste4change dan

One Earth One Ocean, Pemerintah Kota Bekasi meluncurkan Seehamster, yaitu perahu pembersih sungai buatan Jerman yang bertujuan untuk mengumpulkan, memilah dan mendaur ulang sampah yang ada di sungai Kota Bekasi.

 

“Karena dalam persoalan sampah di Kota Bekasi cukup kompleks dan harus melibatkan seluruh elemen dalam mengatasinya, mulai dari pemilahan, pemisahan dan proses pengangkutan sampahnya,” ujar Tri Adhianto kemarin.

 

Lanjut Tri sapaan akrabnya, keterlibatan unsur eksternal dalam hal penyelesaian sampah khususnya di sungai atau kali yang ada di Kota Bekasi sangat penting.

 

“Mengingat dan belajar dari penyelesaian Kali Citarum dimana Pemerintah Pusat dibantu dengan rekan-rekan pecinta sungai atau warga masyarakat membantu menyelesaikan persoalan sampah dengan langkah yang dilakukan bersama-sama sehingga timbulnya sinergitas,” ucapnya

 

“Kita akan selalu mendorong apapun bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Bekasi. Kita akan optimalisasikan dan kita dorong kemudian berupaya agar program-program itu dapat berjalan serta memberikan kemaslahatan bagi warga masyarakat Kota Bekasi,” tambahnya.

 

Usai melakukan launching, Tri melakukan peninjauan langsung ke Kali Bekasi dengan mengendarai Perahu Seehamster bersama-sama dengan rombongan.

 

“Kita harap dengan adanya tiga Perahu Seehamster Pemerintah Kota Bekasi  dapat mengurangi jumlah sampah di sungai Kota Bekasi. Dengan adanya keberadaan tiga unit perahu Seehamster yang sedang beroperasi dan memiliki kapasitas pengumpulan 200 kilogram sampah per hari. Semoga kedepan sampah kali Bekasi teratasi dengan Perahu Seehamster ini,” ungkapnya.

 

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengaku, memang satu Perahu Seehamster bisa mengelola sampah hingga 200 kilogram.

 

“Sampah yang dijaring dan dikumpulkan oleh Perahu Seehamster akan langsung dikelola di tempat. Tiga Perahu akan beroperasi setiap hari mengelola sampah di Kali Bekasi,” ucapnya.

 

Pastinya, lanjut dia, dengan adanya perahu Seehamster akan dapat mengurangi sampah yang mengalir dari hulu Kota Bekasi. Selain itu, ketiga Perahu Seehamster akan ditempatkan di Kali Bekasi sebagai upaya pengurangan sampah dan pencegahan pencemaran sampah di kali Bekasi.

 

“Kita tempatkan seterusnya perahu Seehamster tersebut. Yang bertujuan untuk membersihkan sampah di aliran kali Bekasi,” terangnya.

Dijelaskannya perahu Seehamster adalah bantuan pihak swasta. Kedepan ditambah lagi atau tidak dirinya tidak bisa memastikan. Dan dirinya berharap bantuan yang diberikan bisa lebih.

 

Mengingat Kali Bekasi merupakan hilirnya sehingga sampah yang masuk ratusan kilogram dalam sehari. Sehingga perahu Seehamster dinilai dapat meminimalisir sampah yang ada di Kali Bekasi.

 

“Saya harap dalam bantuan perahu Seehamster ini Pemerintah Kota Bekasi bisa meminimalisir sampah yang ada di kali. Masyarakat juga diminta untuk tidak membuang sampahnya ke kali. Karena kali kita harus bersih dan jangan sampai tercemar. Oleh karena itu kita akan upayakan sampah kali dapat dikelola. Tinggal limbahnya kita akan berjalan tinggal perusahan-perusahaan harus lebih baik lagi menangani limbahnya,” tukasnya. (pay)

Related Articles

Back to top button