Pendidikan

Buat Alat Kontrol Peralatan Listrik

Ade Faiz Kurnia Putra

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ade Faiz Kurnia Putra (17) berinovasi membuat alat kontrol peralatan listrik rumah tangga secara jarak jauh. Alat untuk pengendali kran air itu dinamai “Advanced Smart Home”.

Alat tersebut dapat dikoneksikan melalui internet dengan terhubung melalui lot cloud platform. Setelah itu cloud tersebut akan disinkronkan dengan google home, sinric pro, samsung smart thongs, dan Amazon Alexa.

“Inovasi kami berbentuk alat elektronik saja, sedangkan aplikasi dan websitenya sudah tersedia untuk umum. Sehingga alat kami bisa terkoneksi dari aplikasi dan website tersebut,” tutur siswa siswa XII SMKN 1 Cikarang Selatan ini.

Alat yang dirancang oleh Ade bersama teman-temannya ini didesain agar kebutuhan air dapat diatur dari jarak jauh dengan dilengkapi water level sensor sebagai saklar otomatis pompa air.

“Contoh dari manfaatnya, masyarakat nantinya bisa dengan mudah mematikan kran yang lupa dimatikan dari jarak jauh, mencegah pemborosan air ketika bak penampungan penuh, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perpipaan di rumah,” terangnya.

Berkat inovasi tersebut, ia berhasil meraih juara 1 dalam event Gelar Inovasi Kabupaten Bekasi 2021. Rencananya inovasi alat ini akan lebih disempurnakan kembali agar bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Kita belum ada niatan untuk memperbanyak alat ini, karena kami ingin lebih disempurnakan lagi.

Sehingga saat dipasarkan memang benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat,” katanya. Kedepan, dirinya memiliki harapan untuk bisa membuat lebih banyak lagi inovasi baru yang tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak. (dew)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button