Berita UtamaPolitik

PDIP Belum Sepakat Dukung Tri

Pilkada Serentak Kota Bekasi

ILUSTRASI : Ketua DPC PDIP Kota Bekasi Tri Adhianto, foto bersama dengan sejumlah kader PDIP Kota Bekasi belum lama ini. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dukungan kader Partai Demokrat Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Bekasi terhadap Tri Adhianto untuk maju menjadi calon Walikota (caWalkot) di Pilkada 2024 mendatang belum bulat. Pasalnya, tidak semua kader sepakat ketua DPC PDIP Kota Bekasi ini maju menjadi orang nomor satu di Kota Bekasi.

Ketua PAC Bekasi Utara, Arif Rahman Hakim menilai masih banyak kader partai yang berpotensi untuk diusung menjadi kepala daerah. Menurutnya, banyak kader lain yang berpengalaman dan punya militansi dalam menempati posisi tersebut, terutama sosok kader senior dan kader yang sudah lebih dulu berjuang demi partainya.

“Yang jelas buat saya, calon kepala daerah dari partainya merupakan sosok yang terlahir dari rahim partai. Dan tentunya, mereka telah lebih duluan berdarah-darah berjuang untuk partainya tentu berpotensi mengisi jabatan tersebut. Apalagi mereka dipastikan sebagai kader-kader militan Banteng di Kota Bekasi,” kata legislator yang dipercaya jabat Ketua Komisi II DPRD Kota Bekasi ini, Selasa (4/1).

Arif mengungkapkan, sosok kader yang dia maksud banyak di internal partainya, diantaranya ada Anim Imannudin yang kini menjabat Wakil Ketua I DPRD Kota Bekasi, Sekretaris DPC sekaligus anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Bekasi, Ahmad Faisal Hermawan, hingga nama kader senior Tumai yang pernah menjabat pimpinan DPRD Kota Bekasi. Artinya, lanjutnya, kader yang berpotensi bukan cuma Tri Adhianto saja di partainya.

“Jadi, nama-nama kader dilihat di lapangan saat ini merupakan para kader senior dengan potensi yang mumpuni, sehingga bukan saja Pak Tri. Apalagi kader-kader ini sudah jelas, para kader militan banteng yang sudah lebih dulu berdarah-darah berjuang di partai, serta terlahir dari dari rahim partai,” ungkapnya.

“Dan yang pastinya mereka telah membawa nama besar partai jauh dibandingkan sosok pak Tri, walaupun kita harus akui juga pak Tri yang sekarang menjabat wakil walikota dan yang notabene memang sudah kader partai. Tapi kalau kita hitung-hitung ada yang lebih senioritas dan punya integritas yang cukup untuk menjadi kepala daerah kedepannya,” tambahnya tegas.

Arif mengaku, terkait rekomendasi untuk menetapkan calon kepala daerah itu kewenangan pimpinan dari partainya, sehingga kalaupun nanti akhirnya partai merekomendasikan nama Tri Adhianto untuk diusung cawalkot di Pilkada 2024, hal itu sudah menjadi kewajiban dirinya sebagai kader partai untuk tunduk dan patuh dalam mendukung dan menjalankan dari keputusan tersebut.

“Intinya, kita sih pada prinsipnya samina wa  atho’na saja ya kalaupun nanti rekomendasi memang diberikan ke pak Tri ya, karena kita mengikuti arahan dari pimpinan partai. Tapi, sekali lagi kalau bicara di lapangan banyak di Kota Bekasi ini kader-kader yang berpotensi untuk diusung sebagai calon kepala daerah kedepannya,” terangnya.

Terpisah, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, Ahmad Faisyal Hermawan mengaku, partainya masih optimis bakal usung Tri Adhianto sebagai Calon Wali Kota Bekasi di Pilkada 2024  mendatang. Selain itu, target partainya bisa hattrick kemenangan Pilpres, dan meraih 15 kursi DPRD Kota Bekasi pada Pileg  2024.

Berkaitan dengan cawalkot yang diusungnya itu, Faisyal menyampaikan, kalau jajarannya di DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi sepakat untuk perebutan kursi Wali Kota mendukung Ketua DPC PDIP Kota Bekasi Tri Adhianto tuk menjadi cawalkot di Pilkada mendatang. Dia yakin, dengan kinerja yang ditunjukkan saat ini bisa memperkuat posisi Tri Adhianto agar mendapatkan rekomendasi DPP PDIP.

“Yang pasti memang belum ada perintah, tapi kami DPC sudah sepakat dukung Pak Tri untuk maju sebagai calon Wali Kota. Namun, soal bagaimana nanti rekomendasi dari DPP partai ya kita fatsun, kita patuh. Tapi sampai saat ini saya yakin dengan kinerja Pak Tri sebagai Ketua DPC dan Wakil Wali Kota akan memberikan nilai lebih DPP berikan rekom,” tandasnya. (mhf)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button