Buntut Rusia Invasi Ukraina, Roman Abramovic Resmi Mundur dari Chelsea

Roman Abramovic saat menyaksikan pertandingan Chelsea

RADARBEKASI.ID, LONDON – Perang antara Rusia dan Ukraina akhirnya memaksa Roman Abramovic melepaskan jabatannya sebagai pemilik klub Premier League Chelsea.

Mundurnya Abramovic diumumkan dalam penyataan di laman resmi klub asal London Utara tersebut pada hari ini, Minggu, 27 Februari 2022 WIB.


Abramovic mengklaim, dalam kurun waktu 20 tahun bersama The Blues, dia telah meraih banyak sukses di setiap waktu.

“Selama 20 tahun kepemilikan saya di Chelsea FC, saya selalu memandang peran saya sebagai penjaga klub. Yang tugasnya adalah memastikan bahwa kita sukses seperti yang kita bisa hari ini, serta membangun untuk masa depan,” terang Abramovic.


Semenjak diambilalih Abramovich, Chelsea memang telah menjelma menjadi salah satu raksasa klub sepak bola. Tidak hanya di level Premier League, Chelsea juga menjadi klub yang paling ditakuti di Eropa bahkan dunia.

Ini dibuktikan dengan raihan Chelsea di setiap turnamen. The Blues dua kali merebut trofi paling prestisius di Eropa, yaitu Liga Champions, lima kali juara Premier League, lima kali menggondol Piala FA, dua kali juara Liga Europa, dan terakhir juara dunia antarklub.

“Di samping memainkan peran positif dalam komunitas kita. Saya selalu mengambil keputusan berdasar kepentingan terbaik klub,” tandas Roman Abramovich.

Taipan minyak asal Rusia itu mengaku selalu menjalankan nilai-nilai positif yang menjadi dasar untuk memilih mengundurkan diri sebagai presiden klub.

Gosip penyebab mundurnya Abramovic mundur dari Chelsea memang tak lepas dari konflik antara Rusia dan Ukraina.

Inggris, dimana Chelsea saat ini berada, adalah negara yang terseret dalam konflik tersebut. Inggris, jelas berada di pihak NATO yang membela Ukraina.

Sanksi ekonomi, politik, dan hubungan internasional dilakukan oleh sejumlah negara kepada Rusia.

Sementara, Roman Abramovich selama ini dikenal sangat dekat dengan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin yang menjai aktor invasi ke Ukraina.

Desakan parlemen Inggris rupanya berhasil membuat Roman Abramovich mengambil langkah yang menurutnya terbaik untuk dirinya, dan perjalanan Chelsea ke depan.

“Saya tetap berkomitmen pada nilai-nilai ini. Itulah sebabnya saya hari ini memberikan wali amanat kepada Yayasan amal Chelsea atas kepengurusan dan perawatan Chelsea FC,” tegas Abramovich.

Pemilihan Chelsea Foundation untuk kepengurusan dan perawatan klub karena menurutnya, dianggap sebagai pilihan paling rasional dan baik untuk menjaga klub ke depannya.

“Saya percaya bahwa saat ini mereka berada dalam posisi terbaik untuk menjaga kepentingan Klub, pemain, staf, dan para penggemar,” tutupnya. (wsa)