Bawaslu Ajak Warga Awasi Pemilu

Tommy Suswanto

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Untuk meningkatkan partisipasi warga menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024 mendatang, Badan pengawas pemilu (bawaslu) Kota Bekasi menggandeng seluruh stakeholder di Kota Bekasi. Selain itu, mengajak seluruh masyarakat aktif mengawasi pelaksanaan pemilu agar berjalan jujur dan adil.

Anggota Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Divisi Pencegahan dan hubungan antar Lembaga, Tommy Suswanto mengakui, dengan  menjalin kerjasama dengan seluruh jajaran stakeholder diharapkan partisipasi warga pada Pemilu mendatang meningkat dibandingkan sebelumnya.


“Jadi, yang sudah terlaksana saat ini Peradi, Karang Taruna, dan sejumlah Universitas di Kota Bekasi seperti Unisma, Mitra Karya, Tri Buana, dan Institut Muhammadiyah. Terkait kerjasama dengan stakeholder lainnya untuk saat ini masih terus diupayakan hingga nanti kita pastikan seluruh pihak di Kota Bekasi itu bisa terlibat aktif dalam mencegah dugaan pelanggaran Pemilu di tahun 2024,” ungkap Tommy saat ditemui Radar Bekasi di Pemkot Bekasi, Senin (14/3).

Tommy mengharapkan,  stakeholder mampu menjadi pointer yang membantu jajaran Bawaslu dalam melakukan pengawasan jika terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu dan bisa segera menginformasikan ke Bawaslu untuk dapat ditindaklanjuti.


“Terkait tugas kami ini, khususnya lembaga pendidikan saat ini sudah mulai menyusun perencanaan untuk menerima kunjungan ke ke kampus mereka dalam rangka sosialisasi dan edukasi tentang tugas-tugas pengawas Pemilu,” katanya.

Lebih jauh, ditanya keterlibatan dari lembaga-lembaga ini dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024. Tommy menyebut, bahwa salah satu tugas yang diberikan buat mereka yakni sebagai tim pemantau Pemilu yang sesuai Peraturan Bawaslu itu memang bakal ada keterlibatan dari unsur masyarakat.

“Intinya, kami dari jajaran divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga berupaya terus membangun sinergis antar kelembagaan di Kota Bekasi, demi meningkatkan partisipatif pengawasan Pemilu 2024,” tandasnya. (mhf)