Mengejar Kesempurnaan Membatasi Kemampuan

Amelia Ekaputri Nurgita, Siswa SMAIT Nurul Fajri Cikarang Barat

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kamu Berhak Bahagia adalah buku yang berjenis motivasi tentang mencintai diri sendiri. Buku ini ditulis oleh Dayu Pratyahara, seorang ibu rumah tangga yang beberapa tahun terakhir ini berkecimpung dalam dunia penerbitan dan penulisan. Selain menulis buku sesuai dengan latar pendidikannya di bidang sastra, ia juga menjadi freelance editor dan proofrader untuk beberapa penerbitan di Yogyakarta.


Judul : Kamu Berhak Bahagia
Penulis : Dayu Pratyahara
Penerbit : Syahmalat Publishing
Cetakan : Pertama, 2022
Tebal : 170 halaman
Harga Buku : Rp. 37.800

 

Sangat sulit untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kita melakukannya dari waktu ke waktu, di tempat kerja, saat berkumpul bersama kawan, kerabat, dan kelurga, bahkan saat bermedia sosial. Seiring berjalannya waktu, seseorang akan menyadari bahwa banyak hal terjadi di luar keinginan dan harapan. Tidak ada manusia yang sempurna. Sebesar apapun kesalahan yang seseorang lakukan, ia layak untuk dimaafkan.


Mengkritik diri sendiri memang baik karena dapat membuat kita menjadi lebih baik. Namun, terlalu mengkritik diri justru dapat membuat kita menjadi seorang pecundang. Kita tidak pernah mencapai tingkat kepuasan yang diperlukan untuk dapat benar-benar puas dengan diri kita sendiri.

Ketakutan adalah musuh alami rasa percaya diri. Percaya diri secara umum didefinisikan sebagai kemampuan untuk yakin dan percaya pada kemampuan sendiri.

Buku ini berjumlah 170 halaman. Dengan jumlah tersebut tidak membuaat bosan ketika membaca. Sampul buku ini juga menarik, perpaduan warna yang pas dan tepat. Penulis buku ini mampu menyajikan gagasan yang lugas. Bahasa yang digunakan penulis sopan dan terdapat banyak kata motivasi yang sangat berharga. Akan tetapi, gaya bahasa yang digunakan penulis dalam buku ini terlalu tinggi. Banyak kosakata yang susah dipahami oleh pembaca.

Buku ini menjelaskan kepada kita tentang hal apa saja yang membuat kita sulit untuk mendapatkan kebahagian. Buku ini juga menjelaskan secara jelas tentang apa yang harus kita lakukan untuk membuat diri kita bahagia. Penulis berharap agar kita bisa mendapatkan kebahagian dengan cara mencintai diri sendiri. Buku ini cocok dibaca untuk semua kalangan. (*)