Berita Bekasi Nomor Satu

Begini Perayaan HUT ke-77 RI di Rusia

Upacara peringatan HUT ke-77 RI di Lapangan KBRI Moskow, Rusia, Rabu (17/8). Foto ist.

 

RADARBEKASI.ID, RUSIA – Mahasiswa Indonesia di Rusia turut merayakan HUT ke-77 RI. Faiz Arsyad, mahasiswa asal Bekasi yang tengah menimba ilmu S2 di HSE University, Rusia melaporkannya khusus untuk Radar Bekasi. Berikut laporannya.

“Alhamdulillah saya berkesempatan menjadi representasi perayaan Kemerdekaan Indonesia hari ini di KBRI Rusia. Bangga dan senang pastinya. Walaupun saat ini tubuh saya jauh dari tanah Indonesia, namun jiwa dan pemikiran harus tetap Indonesia,” ujar Faiz kepada Radar Bekasi mengawali laporannya, Rabu (17/8).

Tahun ini, kata Faiz, upacara bendera Merah Putih dilaksanakan di Lapangan KBRI Moskow. Bertindak sebagai inspektur upacara, Dubes RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Antonio Morato Tavares.

Dalam pidatonya, Jose Antonio Morato Tavares menyampaikan sejumlah hal, antara lain perkembangan situasi keamanan dunia, dampak ekonomi ke beberapa negara berkembang, dan ketahanan pangan global.

Faiz Arsyad (kiri), mahasiswa asal Bekasi di Rusia bersama Dubes RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Antonio Morato Tavares (kanan) usai upacara peringatan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8). Foto ist.

 

Di kesempatan lain, Faiz yang juga Founder Gerakan Pemuda Indonesia menambahkan, dengan euforia yang berbeda dari tahun sebelumnya, mengikuti perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di luar negeri membuatnya menjadi bisa melihat Indonesia secara utuh. Melihat Indonesia dari jauh membuatnya sadar, bahwa Indonesia akan tetap menjadi rumah terbaik untuk kembali dan mengabdi.

“Semoga momentum kemerdekaan yang hari ini kita rayakan bersama menjadi bukti nasionalisme dan kecintaan kita pada Indonesia. Mari jaga terus persatuan, jaya selalu Indonesiaku!” tambah Faiz.

Anak-anak keluarga WNI di Rusia menggunakan busana adat tradisional saat mengikuti peringatan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8). Foto ist.

 

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, perayaan Hari Kemerdekaan RI di Rusia ditutup dengan konser yang dimeriahkan oleh Rara dan Hari LIDA Indosiar di Taman Hermitage, Moskow Rusia. Acara tersebut disaksikan oleh ratusan Warga Rusia dan Indonesia. (zar)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin