5 Pesona Alam Banyuwangi yang Patut untuk Dikunjungi

RADARBEKASI.ID – Selain Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, Jawa Timur juga mempunyai Kabupaten Banyuwangi yang mempunyai banyak destinasi wisata menarik. Beberapa tahun belakangan, daerah yang terletak di ujung Pulau Jawa ini cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain karena memiliki daya tarik wisata yang luar biasa, kemudahan akses juga menjadi salah satu faktor meningkatnya popularitas pariwisata di tempat ini. Wisatawan bisa datang ke daerah ini dengan menggunakan pesawat terbang, kendaraan pribadi, kereta api, dan bus. Bahkan jika menggunakan bus, pengunjung bisa langsung berhenti di pusat kota Banyuwangi. Untuk tiket, pengunjung bisa cari tiket bus ke Banyuwangi secara online.


Pesona alam yang memukau menjadi salah satu daya tarik daerah berjuluk “The Sunrise of Java” ini. Banyak wisatawan dari luar kota dan mancanegara datang ke sini untuk menikmati keindahan alam Banyuwangi. Berikut ini 5 destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi saat liburan ke Banyuwangi.

1.    Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan destinasi wisata paling populer di Banyuwangi. Destinasi yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini menawarkan panorama alam yang sangat memukau. Di sini pengunjung akan melihat keindahan kawah hijau dan pertambangan belerang yang ikonik.


Salah satu yang menarik dari wisata alam ini adalah fenomena blue fire atau api biru. Api ini muncul dari proses terbakarnya gas sulfur yang berasal dari retakan Gunung Api Ijen. Suhu api ini mencapai 600 derajat celcius. Api biru ini merupakan yang terbesar di dunia. Selain di Banyuwangi, fenomena api biru juga terdapat di Irlandia.

Untuk menyaksikan keindahan fenomena tersebut, pengunjung harus datang pada malam hari hingga dini hari sebelum matahari terbit. Perjalanan menuju destinasi ini bisa ditempuh dengan menggunakan mobil selama 2,5 jam dari Kota Banyuwangi.

2.    Pantai Sukamade

Berada di ujung Pulau Jawa, tentunya Banyuwangi mempunyai wisata pantai yang memukau. Salah satunya adalah Pantai Sukamade yang terletak di Jalan Sukamde, Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal sebagai area konservasi penyu. Pada malam hari, pengunjung akan melihat banyak penyu dewasa yang menepi ke pantai untuk mengubur telur-telurnya. Saat pagi datang, bayi-bayi penyu akan keluar dari telur tersebut dan berjalan pelan menuju laut.

Pengunjung bisa melihat proses tersebut sambil bermalam di sekitar pantai. Terdapat banyak homestay atau penginapan untuk para wisatawan. Selain melihat tingkah lucu penyu, pengunjung tentunya juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar Pantai Sukamade.

3.    Pantai Pulau Merah

Selain Pantai Sukamade, wisata pantai lainnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Pulau Merah. Dinamakan Pantai Pulau Merah karena tidak jauh dari pantai terdapat sebuah pulau kecil dengan bukit yang tinggi. Bukit ini mempunyai tanah yang berwarna merah. Saat air laut surut, wisatawan bisa mengunjungi pulau tersebut dengan berjalan kaki.

Selain panorama pulau yang memukau, pantai ini juga menawarkan pasir putih yang halus. Pengunjung bisa bermain atau jalan-jalan di sepanjang bibir pantai. Di samping itu, pantai ini juga mempunyai ombak yang cukup besar, cocok untuk peselancar pemula.

4.    Pantai Plengkung

Berbeda dengan dua wisata pantai sebelumnya, Pantai Plengkung terkenal dengan ombaknya yang besar. Pantai ini menjadi surga bagi para peselancar profesional. Mereka kerap datang ke sini untuk menikmati gulungan ombak Pantai Plengkung. Kabarnya, kehebatan ombak Pantai Plengkung hanya kalah dari Hawaii yang berstatus sebagai ombak terbaik untuk surfing.

Para pecinta olahraga selancar juga sering menggelar kompetisi surfing berskala internasional di pantai ini. Hal ini tentunya menarik perhatian wisatawan lain untuk datang ke sini melihat aksi-aksi menarik para peselancar.

Tidak hanya mempunyai ombak yang besar, Pantai Plengkung juga menawarkan pemandangan alam yang memukau. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu mereka di tempat ini dengan berjemur atau jalan-jalan di bibir pantai sambil menikmati pemandangan alam.

5.    Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Tagaldimo, Purwoharjo. Taman nasional ini menyimpan berbagai jenis flora dan fauna. Terdapat 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil yang hidup di lahan seluas 43.320 ha. Taman Nasional Alas Purwo masuk ke dalam Semenanjung Blambangan.

Area taman nasional ini juga dipenuhi dengan hutan bakau atau mangrove, hutan gugur tropis, dan beberapa area pantai. Salah satu pantai yang masuk kawasan taman nasional ini adalah Pantai Plengkung.

Demikian 5 pesona alam menarik yang ada di Kabupaten Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke sini. Berlokasi di ujung Pulau Jawa membuat Banyuwangi terkenal dengan wisata pantai. Sebagian besar pantai di sini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah.

Selain destinasi wisata alam di atas, daerah ini masih mempunyai banyak wisata lain yang juga menyuguhkan keindahan alam yang memanjakan mata. (*)