DPRD: Pembongkaran Bantaran Kalijati Harus Penuhi Rasa Keadilan dan Dampak Ekonomi Warga

Anggota Komisi 1 DPRD Kota Bekasi Adhika Dirgantara

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pembongkaran bangunan liar (bangli) di bantaran Kalijati, Kayuringin, Bekasi Selatan mendapat sorotan anggota DPRD Kota Bekasi.


Anggota Komisi 1 DPRD Kota Bekasi, Adhika Dirgantara menyoroti pembongkaran sejymlah bangli di Kalijati, Kayuringin, Bekasi Selatan.

Menurut Adhika, proses pembongkaran tersebut harus memenuhi rasa keadilan semua pihak, terutama masyarakat yang terdampak dengan pembongkaran tersebut.


“Kalau memang demi kepentingan publik yang lebih luas, masyarakat pemilik bangunan tentu tidak mempersoalkannya. Asalkan, semua bangunan di sana dibongkar, tidak ada tebang pilih. Intinya ada rasa keadilan,” ungkap politisi dari Fraksi PKS ini.

Adhika yang juga anggota dewan dari Dapil Bekasi Timur dan Bekasi Selatan ini, menambahkan masyarakat yang terkena bongkaran mengaku belum mengetahui rencana persis yang akan dilakukan saat bangunan mereka dibongkar.

“Selama ini, mereka tidak tahu rencana apa yang akan dilakukan pemkot pasca pembongkaran. Kalau diberitahu lebih jelas, pastinya mereka menerima dan membantu program pemerintah,” tambah Adhika lagi.

Terlebih, imbuh Adhika, bangunan-bangunan yang dibongkar itu selama ini menjadi ladang mereka mencari nafkah untuk survival pasca pandemi Covid-19.

“Karena itu, kami mengusulkan, nantinya ada ruang publik dan aktivitas ekonomi, seperti taman dan pojok UMKM yang bisa diberdayakan masyarakat setempat,” pungkasnya. (rbs)