5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh

RADARBEKASI.ID,BEKASI – Kencur merupakan tanaman herbal yang memiliki aroma dan cita rasa unik.

Kencur, tumbuhan dengan nama latin Kaempferia galanga ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, dan Malaysia.


Kencur masih tergolong sebagai kerabat dari jahe dan telah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat tradisional.

“Kencur tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi kencur membuatnya kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh antara lain seperti : protein, serat, mineral, dan vitamin,” ungkap perawat di RS Hermina Bekasi, La Amelia Dessa.


Berikut 5 manfaat kencur bagi kesehatan tubuh :

1. Menurunkan Tekanan Darah

Kencur telah lama digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Berbagai studi pun mendukung temuan ini karena kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik.

Kandungan di dalam kencur tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Kencur pun baik dikonsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah.

2. Membasmi Bakteri Penyebab Penyakit

Ekstrak kencur diketahui mengandung minyak esensial yang bersifat antibakteri. Beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan antibakteri pada kencur dapat membasmi kuman di kulit, gigi dan gusi, serta saluran pernapasan.

3. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Kencur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan antiradang. Saat tubuh mengalami peradangan atau nyeri, Anda dapat menggunakan kencur untuk meringankannya.

Manfaat kencur ini sudah terkenal sejak dahulu sehingga umum digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi.

4. Mengurangi Stres

Kencur juga dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas serta stres.

Efek ini bisa Anda peroleh ketika menghirup aromaterapi yang berbahan dasar kencur.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kencur merupakan salah satu tumbuhan herbal yang kaya akan kandungan antioksidan, yaitu flavonoid.

Kandungan ini diketahui mampu menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, misalnya dari asap rokok atau polusi.

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, kandungan antioksidan flavonoid dalam kencur juga bermanfaat untuk meredakan peradangan dan mencegah kanker.

Demikian 5 manfaat kencur bagi kesehatan tubuh. (mg1)