Berita Bekasi Nomor Satu

Inggris Lolos Perempat Final, Jude Bellingham Pecah Rekor

Gelandang Inggris Jude Bellingham merayakan kemenangan timnya atas Senegal dengan skor 3-0 pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Adrian Dennis/AFP)

RADARBEKASI.ID, DOHA – Inggris memperpanjang catatan tak terkalahkan kala bertemu tim-tim Afrika. Dini hari ini (5/12), Inggris menghempaskan Senegal 3-0 dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022.

Untuk pertama kalinya pula, kapten Inggris Harry Kane mencetak gol pada Piala Dunia 2022. Gol itu membuat Kane berada di ambang mendekati rekor gol terbanyak sepanjang masa Inggris yang saat ini masih dipegang Wayne Rooney.

Kemenangan meyakinkan ini membuat Three Lions melenggang ke perempat final. Inggris akan menghadapi Prancis yang sebelumnya menggebuk Polandia 3-1 dalam pertandingan 16 besar lainnya.

Tim asuhan Gareth Southgate ini awalnya tampil lamban dalam laga yang berlangsung di Stadion Al Bayt itu. Tetapi Inggris memimpin 2-0 melalui gol Jordan Henderson dan Harry Kane sebelum selesainya babak pertama.

Bukayo Saka mencetak gol ketiga Inggris. Tetapi yang pantas dipuji tinggi-tinggi dalam skuad Inggris adalah gelandang Jude Bellingham yang tampil luar biasa dan berkualitas.

Bellingham merancang gol pembuka yang dibuat Jordan Henderson. Tak hanya sekali itu, gelandang Borussia Dortmund itu terlibat dalam gol yang dibuat Kane.

Kane kini telah mencetak 11 gol dalam turnamen mayor. Dia menyalip legenda Inggris Gary Lineker sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa dalam Piala Dunia dan Euro.

Dalam usianya yang masih 19 tahun dan 158 hari, Bellingham menyeruak sebagai kekuatan utama di balik ganasnya Inggris di depan gawang lawan.

Bellingham menjadi pemain Inggris termuda yang mencatat assist pada Piala Dunia sejak 1966 atau 56 tahun yang lalu. Bellingham tampil jauh lebih dewasa ketimbang usianya ketika melawan Senegal ini.

Mengincar semifinal ketiga berturut-turut dalam turnamen besar, Inggris akan kembali ke Al Khor pada Sabtu untuk menghadapi Kylian Mbappe dan kawan-kawan yang mengalahkan Polandia 3-1 dalam hari yang sama.

Inggris yang runner-up Euro 2020 hanya memenangkan satu dari delapan pertemuan terakhir dengan Prancis, yang bisa menggagalkan mereka menjuarai Piala Dunia pertamanya dalam kurun 56 tahun terakhir.

Setelah awal sulit ketika bergerak lamban, skuad Inggris menunjukkan alasan mengapa Southgate begitu mempercayai mereka.

Senegal awalnya tidak menunjukkan rasa takut saat menguji ketenangan Inggris dalam menghadapi tekanan tinggi. Senegal menyia-nyiakan peluang emas untuk memimpin ketika Harry Maguire malah memberikan bola kepada lawan.

Tendangan voli Boulaye Dia dibelokkan oleh John Stones ke jalur Ismaila Sarr, namun tendangan jarak dekat dari penyerang Watford malah melebar dari gawang.

Dia merebut bola lepas untuk memaksa kiper Inggris Jordan Pickford melakukan penyelamatan yang bagus. Dari sini pula permainan Inggris mencapai titik baliknya ketika mereka merebut keunggulan pada menit ke-38.

Bellingham berlari untuk menyambut umpan tajam Harry Kane ke area penalti Senegal. Dia lalu mengirimkan bola ke jalur berlari Henderson yang mengarahkan tendangan rendahnya melewati hadangan kiper Edouard Mendy.

Gol Henderson ini menjadi penyentak adrenalin Inggris yang kemudian menggandakan keunggulan beberapa detik sebelum jeda.

Bellingham menjadi katalisator dengan tekelnya yang tepat waktu dan umpan tajam kepada Foden yang merancang Kane menciptakan gol pertamanya dalam turnamen ini dengan finis yang klinis.

Saka lalu memastikan kemenangan meyakinkan Inggris lewat golnya pada menit ke-57.

Foden melakukan pergerakan dinamis di sisi kiri untuk kemudian menyodorkan umpan silang kepada Saka yang melepaskan tembakan cerdas dari jarak dekat yang tak bisa dihalau Mendy. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin