Surya Paloh Absen di Pernikahan Kaesang, Ini Tanda NasDem Menjauhi Jokowi?

Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Surya Paloh memastikan tidak hadir ke pernikahan putra presiden Jokowi Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Ketua Umum Partai NasDem itu memilih berkirim surat soal alasan dirinya absen di pernikahan Kaesang.

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai Ketum NasDem Surya Paloh berupaya menjaga jarak, bahkan ingin menjauhi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).


Hal itu dikatakan Ujang setelah melihat langkah Paloh yang mengirim surat kepada Jokowi saat pendiri Media Group itu absen ke pesta pernikahan Kaesang Pangarep.

“Kelihatanya Surya Paloh tanda petik, ya, menjauh dan menghindar dengan cara halus,” kata Ujang Komarudin, Jumat (9/12/2022).


BACA JUGA: Jokowi Ogah Peluk Surya Paloh, Hasto Bilang Begini

Direktur Eksekutif Indonesia Poltical Review (IPR) itu mengatakan makna berbeda akan tertuang apabila Paloh menelepon Jokowi ketimbang mengirim surat untuk absen ke pesta pernikahan Kaesang.

“Dalam psikologi politik, kalau memang masih dekat, ya, bisa telepon atau bisa mengirim pesan,” kata Ujang.

Dia mengatakan hubungan Paloh-Jokowi memang prinsipnya sudah tidak baik setelah NasDem mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan menjadi Capres 2024.

Sebab, kata Ujang, Anies selama ini sudah dianggap sebagai antitesis dari Jokowi dan keputusan NasDem soal arah dukungan Pilpres 2024 melukai perasaan kepala negara. “Jokowi tidak senang dengan pencapresan Anies, ya, otomatis NasDem dan Surya Paloh tidak disukai,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan menikahkan putra bungsunya, Kaesang Pengarep dan Erina Gudono pada Minggu (11/12/2022).

Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem Charles Meikyansah mengatakan Paloh dijadwalkan berobat ke luar negeri sehingga pria kelahiran Aceh itu tak hadir ke pesta pernikahan Kaesang.

“Mohon maaf, Bapak Surya (Paloh, red) tidak bisa hadir memenuhi undangan karena tengah berobat yang sudah terjadwal dari tahun lalu ke Jerman,” kata Charles kepada wartawan, Kamis (8/12/2022).

Dia mengatakan Paloh telah mengirim surat yang berisi ucapan selamat kepada keluarga besar Jokowi atas acara pesta pernikahan Kaesang. (jpnn)