Berita Bekasi Nomor Satu

Sambut Libur Nataru, Sejumlah Gerbang Tol Dibuka Fungsional

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Menyambut libur Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023 sejumlah ruas tol baru dioperasikan secara fungsional.

Ruas tol yang dioperasikan fungsional antara lain, ruas Tol Ciawi – Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 (Cigombong – Cibadak) sepanjang 11,90 Km. Ruas Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2A dan 2A Ujung (Jakasampurna – Margajaya) sepanjang 4,88 Km.

Ruas tol Bocimi yang terletak di Jawa Barat tersebut merupakan salah satu jalur penghubung utama pada wilayah – wilayah di Jawa Barat dengan lokasi strategis yang dekat dengan area pariwisata.

BACA JUGA: Tol Becakayu Gerbang Margajaya Dibuka, Ini Tarifnya

Sementara ruas Tol Becakayu merupakan penunjang kelancaran mobilitas di wilayah Jakarta Timur dan Bekasi.

Dengan beroperasinya kedua ruas tersebut secara fungsional, diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan secara signifikan selama periode Nataru.

Direktur Utama Waskita Toll Road (WTR), Rudi Purnomo menyampaikan, saat ini ruas-ruas tol lainnya juga tengah dilakukan sejumlah persiapan, baik dari segi pemeliharaan, lalu lintas, penambahan fasilitas gerbang tol, serta rest area.

Persiapan pemeliharaan tersebut termasuk pemeriksaan kondisi lubang, penyediaan material, peralatan, dan perambuan untuk pekerjaan penutupan lubang, dan perbaikan jalan berlubang atau patching aspal.

“Pembukaan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, akan disiagakan petugas lalu lintas pada lokasi titik rawan kepadatan untuk melakukan pengaturan atau rekayasa lalu lintas jika ada kemungkinan terjadi contraflow,” kata Rudi sapaan akrabnya, Jumat (23/12/2022).

Dia menambahkan, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya dan Kepolisian setempat.

Pada sepanjang jalan tol pun akan disiapkan informasi mengenai lalu lintas pada papan VMS, serta pantauan CCTV selama 24 jam.

Selain itu, akan disediakan mesin top-up saldo kartu elektronik tol untuk memperlancar transaksi pada gerbang tol, beserta dengan penyiagaan petugas yang akan memastikan peralatan tol dan mobile reader dalam kondisi 100% baik dan akan membantu pengguna jalan melakukan tapping ketika lalu lintas terpantau ramai.

“Terdapat 2 (dua) rest area yang akan dioperasikan secara fungsional oleh BUJT WTR, yaitu Rest Area KM 338A Ruas Tol Pemalang – Batang dan KM 360B Ruas Tol Kayu Agung – Palembang – Betung, sedangkan Rest Area KM 819A, 819B, 833A, dan 833B Ruas Tol Pasuruan – Probolinggo tetap beroperasi normal dengan penambahan fasilitas toilet, petugas jaga, tim medis, dan SPBU modular,” tukasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin