Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

BPBD Bekasi Antisipasi Cuaca Ekstrem di Bekasi, Ini Persiapannya

ILUSTRASI: Langit mendung menyelimuti kawasan perbatasan Bekasi dengan Jakarta. belum lama ini. BPBD Kota Bekasi memberikan himbauan untuk selalu waspada menghadapi ancaman cuaca ekstrem. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Potensi badai besar akibat cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek selama tujuh hari ke depan mendapat perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi.

BPBD Kota Bekasi mewaspadai cuaca ekstrem yang nantinya akan terjadi diseluruh wilayah di Indonesia sesuai prediksi dari BMKG, termasuk di wilayah Kota Bekasi.

Mengantisipasi potensi badai besar tersebut, BMKG turut mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, dan gelombang tinggi.

“Kalau berdasarkan data BMKG itu wilayah Jabodetabek ya, hati-hati ada hujan ekstrem dan kita mewaspadai hal tersebut,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Ennung Nurkholis, Selasa (27/12/2022).

BACA JUGA: Potensi Badai Besar yang Bakal Terjang Jabodetabek Besok, Peneliti Ini Bilang Begini

Enung mengatakan, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal tersebut, pihaknya menyiapkan sejumlah langkah antisipasi. Di antaranya siap siaga aparatur di setiap kecamatan yang ada di wilayah Kota Bekasi.

“Begitu juga di markas komando BPBD. Agar bisa langsung memantau situasi di setiap kecamatan ataupun kelurahan yang ada, Kalau ada apa-apa bisa langsung dipercepat penanganannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, mengenai terjadi cuaca ekstrem sendiri, Enung mengaku sudah mendapatkan info akan terjadi hingga bulan Februari 2023 mendatang.

BACA JUGA: Waspada, Ada Potensi Banjir Besar Jabodetabek Besok

Terkait sejumlah lokasi yang diprediksi akan mengalami banjir besar, sambung Enung, BPBD secara dasar juga sudah melakukan pemetaan.

“Ada di Bumi Nasio, IKIP, dan PGP serta wilayah bantaran Kali Bekasi. Apabila terjadi kiriman banjir dari wilayah Bogor, yang harus segera kita lakukan antisipasi, khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) di bantaran Kali Bekasi,” tutupnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin