Tahun Baru, DLH “Kebanjiran” Sampah

ILUSTRASI: Sejumlah pemulung berada di TPA Sumur Batu, Kota Bekasi, belum lama ini. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi mencatat sampah yang dihasilkan saat malam pergantian tahun naik sebesar 100 persen. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tumpah ruah masyarakat di berbagai titik pada malam pergantian tahun turut menyumbang volume sampah di TPA Sumurbatu. Ratusan ton sampah harus diangkut oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi selama dua hari. Tujuh ton diantaranya dapat didaur ulang.

Ratusan ton sampah tersebut adalah hasil kerja petugas pada hari Sabtu dan Minggu kemarin. Pantauan di lapangan, petugas nampak masih bekerja membersihkan sisa sampah di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan tepat tanggal 1 Januari 2023.


“Jumlah timbulan sampah 110.251 kg,” kata Kabid Pengurangan Sampah dan Pengelolaan Limbah B3 DLH Kota Bekasi, Dewi Astianti, Selasa (3/1).

Sampah yang diangkut dari berbagai wilayah di Kota Bekasi tersebut 12.933 kg merupakan sampah sisa makanan, 7.728 kg merupakan sampah daur ulang. Kata Dewi, yang tergolong sebagai sampah daur ulang diproses di bank sampah, sebagian dimanfaatkan oleh pemulung.


“Akan didaur ulang, ada yang melalui bank sampah, ada juga yang melalui pengepul dari pemulung,” tambahnya.

Sebagian besar, 89.590 kg sampah yang tidak bermanfaat dan tidak dapat didaur ulang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu, Bantargebang. (sur)