80 Persen Konsumen Penyewa Unit Apartemen Pilih Menetap Lama

Apartemen Meikarta. FOTO: ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hunian vertikal Meikarta menduduki urutan tertinggi bisnis penyewaan unit di kawasan Cikarang, mengacu data perusahaan situs jasa penyewaan Travelio. Sebesar 80 persen konsumen penyewa unit Meikarta memilih untuk menetap dalam kurun waktu lama atau long stay, sedangkan sisa kurang dari 20 persen memutuskan tinggal dalam jangka waktu pendek.

Menurut Vice President of Business Development Travelio Felicia Gautama, rata-rata listing penyewaan apartemen di Cikarang di kisaran angka 32 unit. Sementara penyewaan apartemen Meikarta mencapai hingga lima kali lipat di atas rata-rata pada 2022 lalu.


“Unit listing yang menempati posisi tertinggi di area Cikarang adalah apartemen Meikarta,” kata Felicia Gautama, dalam keterangannya.

Dia menjelaskan, ada beberapa faktor yang membuat Meikarta dipercaya konsumen hingga menempati posisi tertinggi. Antara lain pengembang unit hunian vertikal itu konsisten melakukan serah terima kepada para investor.


“Jadi Meikarta ini sedang terus dalam proses serah terima, jadi timingnya sesuai sekali. Sudah serah terima 12 tower,” katanya.

Ditambahkan, Meikarta juga banyak diminati masyarakat karena memiliki fasilitas pendukung yang relatif lengkap mulai dari ruang terbuka hijau (RTH) Central Park Meikarta dengan fasilitas puluhan tenan kuliner dan hiburan di Distrik 1.

Felicia menambahkan, kecenderungan konsumen saat menyewa hunian ialah ketika mereka melihat lingkungan di lokasi yang akan ditempati itu sudah hidup. Penyewa tidak mungkin melakukan pemesanan jika fasilitas pendukung belum terbentuk.

“Kalau tidak ada supporting facilitynya biasanya akan lebih sulit. Tapi di Meikarta sudah ada food court, fasilitas entertainment juga ada, kemudian ada Central Park juga. Saya rasa ini jadi faktor penting,” katanya lagi.

Selain itu, tuturnya, Meikarta juga kini dilengkapi sejumlah fasilitas, yakni ada universitas yang menjadi sasaran penyewa dari kalangan mahasiswa dan juga dekat dengan kawasan industri, sehingga cocok bagi kalangan pekerja.

Tidak kalah penting, lokasi Meikarta sangat dekat dengan fasilitas kesehatan. Beberapa rumah sakit seperti RS Siloam Lippo Cikarang dan RS Permata Keluarga berada tidak jauh dari unit hunian ini.

“Meikarta juga memiliki klinik sendiri di Distrik 1. Dan yang paling utama itu adalah faktor kenyamanan serta harga yang sangat terjangkau,” ujarnya.

Felicia menyebutkan, lebih dari 80 persen konsumen penyewa unit Meikarta memilih untuk menetap dalam kurun waktu lama atau long stay, sedangkan sisa kurang dari 20 persen memutuskan tinggal dalam jangka waktu pendek.

“Kategori long stay di Travelio itu adalah penyewa bulanan hingga tahunan. Yang jadi alasan tentu fakfor kenyamanan karena penyewa jangka panjang butuh kenyamanan, seperti kondisi gedung dan fasilitas,” katanya.

Pihaknya juga mencatat banyak konsumen yang menyewa unit studio hingga menjadi populer saat ini. “Sehingga jika ada yang memiliki unit tersebut namun belum dikerjasamakan agar segera bergabung dengan Travelio untuk mendapatkan pasif income,” ujarnya.

Tentu, demikian Felicia, pihaknya memberikan opsi menarik karena Travelio sendiri memasarkan unit secara eksklusif terhadap pemilik unit yang telah melakukan pembelian apartemen.

“Termasuk menyediakan opsi pembayaran secara dicicil untuk penyewa, sehingga potensi unit tersewa jauh lebih tinggi,” katanya.

Felicia Gautama juga mengaku optimistis tren pasar 2023 akan berkembang lebih baik karena PPKM sudah dicabut dan universitas telah kembali melakukan kegiatan belajar secara offline.

Menanggapi hal ini, Head Of Property Management Meikarta Agus Budi Rahardjo menyambut baik hal tersebut.

“Tentunya ini merupakan kabar gembira dan indikasi positif terhadap Meikarta sebagai kawasan hunian modern dengan fasilitas terlengkap di kawasan Cikarang yang menguntungkan para pemilik apartemen dengan tingkat penyewaan yang tinggi,” kata Agus.

Dia menambahkan, jumlah unit yang sudah aktif ditinggali sampai dengan saat ini terdapat sekitar 400an unit. Dan diperkirakan ada sekitar 1500an penghuni.

“Total yang sudah di handover (serah terima) sampai dengan saat ini ada 12 tower (menara) dengan 1700an unit yang sudah diserah-terimakan. Kami akan terus melakukan handover terhadap tower-tower berikutnya secara bertahap, sesuai schedule,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini para pemilik maupun para penyewa menjadi semakin nyaman dengan sudah hidupnya suasana di area Distrik 1 Meikarta karena telah tersedia berbagai macam fasilitas seperti, restoran dan cafe, supermarket, ATM dan Bank, laundry, klinik Siloam, salon kecantikan, arena permainan anak sampai bioskop.

“Semuanya sudah tersedia di bawah apartemen. Dan juga terdapat kawasan Central Park yang kini menjadi tempat wisata paling diminati di kawasan Cikarang dan yang sudah viral dikunjungi, karena menyediakan aneka wahana menarik dan unik,” ungkap Agus.(oke)