Perayaan HUT ke-50 PDIP, Ribuan Kader Hijaukan Tepi Sungai Kalimalang

PENGHIJAUAN: Para petinggi PDIP di antaranya Sukur Nababan, Tri Rismaharini, Rieke Diah Pitaloka, Nico Siahaan usai melaksanakan program penghijauan nasional di tepi sungai Kalimalang Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Minggu (15/1/2023) pagi. KARSIM PRATAMA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ribuan kader DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bekasi melaksanakan program penghijauan nasional yang diinisiasi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di tepi sungai Kalimalang Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Minggu (15/1/2023) pagi. Kegiatan penanaman pohon di tepi sungai Kalimalang ini merupakan lanjutan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDI Perjuangan.

“Ini salah satu rangkaiannya, dimana DPP menetapkan Jawa Barat dan Bekasi untuk pembukaan penghijauan nasional dan ini dilakukan bukan hanya di Bekasi, tapi serentak di 27 kabupaten dan kota se Jawa Barat,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono, usai menghadiri kegiatan penanaman pohon.


Program penghijauan nasional ini bermula dari Bekasi dan Jawa Barat sebanyak 50 ribu pohon. Hal itu sesuai dengan angka peringatan HUT ke-50 PDIP. Bukan hanya hari ini, kata Ono, kegiatan serupa juga akan dilakukan pada saat ulang tahun ketua umum partainya, Megawati Soekarnoputri yang jatuh pada 23 Januari.

Selain menanam pohon, dirinya juga akan melaksanakan kegiatan-kegiatan terkait dengan pasar murah untuk rakyat. Seperti pasar murah telur, yang akan dilaksanakan pada Februari.


“Jadi sesuai instruksi DPP, dari Januari sampai dengan Mei, rangkaian acaranya. Jadi bukan hari ini saja, terus sampai Mei 2023,” ungkapnya.

BACA JUGA: PDIP Kabupaten Bekasi Bakal Rayakan HUT Partai di Tiga Kecamatan

Dalam rangkaian HUT ke-50 PDIP, pria yang juga sebagai Anggota DPR RI Dapil Jabar VIII ini menuturkan, ketua umum partainya Megawati Soekarnoputri juga telah menginstruksikan kader untuk turun ke masyarakat. Ia berharap, dengan apa yang dilakukan para kader partai di Kabupaten Bekasi pada akhirnya bisa memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Dengan begitu, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi bisa mengantarkan kader terbaiknya menjadi kepala daerah atau wakil kepala daerah (bupati dan wakil bupati).

“Sekarang kita fokus dulu di Pileg dan Pilpres. Sebelum bicara terkait dengan Pilkada. Target kita di Kabupaten Bekasi menang dulu dengan kursi yang signifikan, paling tidak bisa meraih 14 kursi legislatif yang harus dicapai,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bekasi Soleman menyebut, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas tiga hektar yang akan ditanamkan pohon. Pada kesempatan ini, lahan yang ditanami pohon jambu kristal serta mangga Indramayu sebanyak 500 seluas dua hektar yang berada di tepian Sungai Kalimalang Tambun Selatan.

“Pematangan lahan dilakukan 4 hari. Dibantu BPBD Kabupaten Bekasi. Akan dilanjutkan pematangan lahan dan penanaman pohon di daerah pesisir Kalimalang,” jelas Soleman.

Di tempat yang sama, Pj Bupati Kabupaten Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi kegiatan penghijauan nasional melalui penanaman pohon itu. Bahkan, Dani menyebut bahwa kegiatan penanaman pohon dan pembersihan sungai ini merupakan kegiatan emas. Hal itu kata Dani, sesuai dengan semangat HUT ke-50 PDIP yang juga ulang tahun emas.

BACA JUGA: Jokowi Apresiasi Keputusan Megawati Siapkan Capres Internal PDIP

Menurutnya, kegiatan penanaman pohon bisa menjaga lingkungan dari bangunan liar yang tumbuh di bantaran kali sungai Kalimalang. Tentunya Dani berharap, lewat aksi penanaman pohon oleh DPC PDIP Kabupaten Bekasi maupun DPD PDIP Jawa Barat ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih, yang ditanam ini merupakan  pohon buah-buahan.

“Masyarakat bisa mendapat hasil dari pohon buah-buahan yang ditanam ini, peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami ajak semua pihak bersama-sama memelihara tanaman ini bisa tumbuh subur dan berbuah,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri Ketua DPP PDIP Sukur Nababan, Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka hingga Anggota DPR RI Nico Siahaan. (pra)