Determinasi Daris Bangun Kekuatan Partai Ummat Diuji

Ketua DPW Partai Ummat Jawa Barat Daris (kiri) bersama dengan Sekretaris DPD Partai Ummat Kabupaten Bekasi Ata Suryadi. KARSIM PRATAMA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI,ID, BEKASI – Determinasi Daris dalam membangun kekuatan partai sedang diuji usai dipercaya menakhodai Partai Ummat Jawa Barat. Sebagai politikus ulung, Daris tak gentar bahkan optimis mampu meraih target terbaik pada Pemilu 2024.

Daris memulai kiprah politiknya pada 2009. Saat itu pula, Daris yang kala itu berseragam Partai Amanat Nasional (PAN) berhasil terpilih sebagai wakil rakyat di Kabupaten Bekasi periode 2009-2014. Setelah masa jabatannya berakhir, Daris hengkang dari PAN. Ia bergabung dan langsung mendapat mandat untuk menakhodai Partai Gerindra.


Di tangan Daris, Partai Gerindra meraih tujuh kursi legislatif pada Pemilu 2014 yang sebelumnya hanya satu kursi. Torehan itu membuat Gerindra masuk ke dalam jajaran pimpinan DPRD. Daris sendiri didapuk sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi periode 2014-2019.

Namun pada Pilkada Bekasi 2017 terjadi ketegangan di internal partai besutan Prabowo Subianto ini, setelah rekomendasi sebagai Wakil Bupati Bekasi jatuh ke tangan Ahmad Dhani. Padahal sebelumnya, Daris menjadi kandidat kuat untuk mendapatkan rekomendasi tersebut.


BACA JUGA: Daris Serahkan Jabatan Ketua Partai Ummat Kabupaten Bekasi ke Putri Kandungnya

Prahara Daris dengan Partai Gerindra semakin memanas setelah jabatannya direbut Nugraha Hamdan. Pencalegan Daris terganggu usai mendapatkan nomor buncit.

Ia pun ini gagal bersaing sebagai wakil rakyat dengan Putih Sari (petahana) dan Obon Tabroni, yang mempunyai basis massa buruh. Setelah itu, nama Daris seakan tenggelam dari kanca politik di Kabupaten Bekasi. Singkat cerita, pada 2021 Daris melayangkan surat pengunduran dirinya dari Partai Gerindra dan memilih menakhodai Partai Ummat di Kabupaten Bekasi.

“Insya Allah hari ini saya ingin menciptakan 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat punya fraksi. Konsep ini sudah dilakukan perjalanannya selama satu tahun,” ujar Daris, kepada Radar Bekasi, belum lama ini.

Khusus di Kabupaten Bekasi, kata Daris, ia bersama dengan Sekretaris DPD Partai Ummat Kabupaten Bekasi Ata Suryadi,  bersepakat untuk menargetkan torehan delapan kursi. Itu cukup membuat Partai Ummat bersaing dalam Pemilihan Bupati 2024.

“Saya mimpin partai Gerindra, dari satu meningkat menjadi tujuh kursi. Saya langsung menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi. Sekarang saya mulai aktifkan kembali Daris mania, yang tidak akan hilang. Dia (Daris mania) ada di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi,” katanya. (pra)