Berita Bekasi Nomor Satu

Pendaftaran Caleg ke KPU, Parpol Masih Tunggu ‘Tanggal dan Hari Baik’

Ilustrasi Pemilu 2024.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Partai politik peserta Pemilu 2024 hingga hari ketiga kemarin (3/5/2023) belum mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU RI. Mereka masih menyiapkan kelengkapan berkas-berkas bacaleg DPR RI. Ada juga yang menunggu ”tanggal dan hari baik”.

Partai Nasdem, misalnya. Parpol pimpinan Surya Paloh itu berencana mendaftarkan para bacalegnya besok (5/5/2023) pukul 17.00. “Kami daftar pada bulan lima, tanggal lima, dan jam lima. Sama dengan nomor urut lima Partai Nasdem,” kata Ketua DPP Partai Nasdem Charles Meikyansah.

Tidak hanya bacaleg DPR RI. Pendaftaran bacaleg DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota dari Nasdem, lanjut dia, juga mengambil waktu yang sama. “Jadi, pendaftaran dilakukan serempak seluruh Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA: Hari Ketiga Pendaftaran Caleg, Parpol Belum Daftar ke KPU Kota Bekasi, Begini Sistem Pendaftarannya

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, rute pendaftaran bacaleg memang agak panjang. Salah satunya, terkait pengurusan surat keterangan (suket) dari pengadilan negeri (PN). Tentu, pengurusan suket itu membutuhkan tenaga dan waktu sendiri. Sebelum mengurus suket ke PN, bacaleg harus mengantongi surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari kepolisian.

Menurut Baidowi, bacaleg incumbent DPR RI harus mengurus SKCK di Mabes Polri. Sedangkan non-incumbent cukup mengurus di polda masing-masing. “Untuk suket, mengurus di PN kabupaten/kota setempat,” ungkapnya.

Awiek –panggilan Baidowi– mengatakan, pihaknya akan berusaha melengkapi semua berkas yang dibutuhkan. Termasuk pemenuhan kuota perempuan dalam pencalegan di setiap daerah pemilihan (dapil). “Dalam pemenuhan kuota perempuan tidak ada kendala,” jelasnya.

BACA JUGA: Hari Pertama Pendaftaran Bakal Caleg DPRD Kota Bekasi, Ketua KPU Bilang Begini

Bagaimana dengan upload berkas melalui sistem informasi pencalonan (silon)? Awiek menyebut, pihaknya tentu masih tahap penyesuaan. Sebab, sistem itu juga baru dibuka. Di mengatakan, partainya berencana mendaftarkan para bacaleg DPR RI pada 8 Mei. Dia berharap proses pendaftaran bisa berjalan lancar.

Demikian juga PAN. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, pihaknya menargetkan pendaftaran seluruh bacalegnya tuntas sebelum 12 Mei. Baik untuk tingkat DPR RI, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota. “Termasuk pemenuhan minimal 30 persen caleg perempuan per dapil,” tuturnya.

Dihubungi secara terpisah, anggota KPU RI Idham Holik mengungkapkan, sampai kemarin memang belum ada satu pun parpol yang mendaftarkan bacaleg DPR RI ke kantor KPU RI. Sesuai tahapan, pendaftaran akan dibuka sampai 14 Mei. Dia berharap parpol tidak mendaftar pada hari terakhir agar tidak terjadi penumpukan. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin