Berita Bekasi Nomor Satu

Erdogan Jadi Presiden Turki Lagi, Ini Periode Ketiga, Beda Suara Lima Persen dari Penantangnya

Racep Tayyib Erdogan kembali terpilih sebagai Presiden Turki untuk periode ketiga, Minggu (28/5/2023).

RADARBEKASI.ID, ANKARA – Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih sebagai Presiden Turki pada putaran kedua pemilu presiden. Hal ini disampaikan oleh pimpinan Dewan Pemilu Turki (YSK) pada Minggu (28/5/2023) waktu setempat.

Ketua YSK Ahmet Yener mengatakan Erdogan unggul atas pesaingnya Kemal Kilicdaroglu pada pemilu presiden Turki putaran kedua.

Yener menyampaikan, berdasarkan hasil suara yang belum disahkan, petahana Turki memperoleh 52,14 persen suara, sementara Kilicdaroglu mendapatkan 47,86 persen suara. Yener menambahkan sejauh ini sudah 99,43 suara dibuka.

BACA JUGA: Erdogan Gagal Raup 50 Persen Suara, Putaran 2 Pilpres Turki 28 Mei

Dalam pidatonya di Istanbul pada Minggu (28/5/2023) sore, Erdogan mengatakan 85 juta warga Turki adalah pemenang pilpres tahun ini.

Lebih dari 64,1 juta orang terdaftar sebagai pemilih, termasuk sekitar 1,92 juta orang yang berada di luar negeri yang sudah lebih dulu memberikan suaranya.

Hampir 192.000 kotak suara dipersiapkan di seantero Turki.

BACA JUGA: Pilpres Turki, Kubu Erdogan Rayakan Kemenangan, Penghitungan Belum Selesai

Pada putaran pertama 14 Mei lalu tidak ada calon presiden yang menembus ambang batas 50 persen suara sehingga Pilpres dilanjutkan ke putaran kedua, meski Erdogan mengantongi 49,52 persen suara. Pada hari itu, Aliansi Rakyat pimpinan Erdogan juga menjadi pemenang kursi mayoritas parlemen. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin