Berita Bekasi Nomor Satu

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Laporkan Pencemaran Kali Bekasi ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat

ILUSTRASI: Warga melintas di dekat aliran Kali Bekasi yang mengeluarkan busa di Jalan M Hasibuan Bekasi Timur Kota Bekasi, belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kali Bekasi kembali tercemar diduga dari pembungan limbah industri. Akibatnya, Kali Bekasi berwarna kehitaman dan berbau hingga mengganggu suplai baku air Perumda Tirta Patriot

Mengutip informasi resmi yang diterbitkan oleh Pemerintah Kota Bekasi, disampaikan kronologis kejadian hasil penelusuran bersama antara Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Patroli sungai DLH Provinsi Jawa Barat dan Tim Komunitas Peduli Sungai Cikeas Cileungsi (KP2C).

Pada Sabtu, 5 Agustus 2023, Tim DLH Kota Bekasi dan Patroli Sungai telah menemukan indikasi air Kali Bekasi berwarna kehitaman dan berbau pada saat monitoring dan pemantauan di kali Cileungsi, jembatan Canadian, Kota Wisata (wilayah Kabupaten Bogor) dan Curug Parigi (wilayah Kota Bekasi).

Berdasarkan hasil penelusuran dan keterangan pengurus KP2C bahwa air kehitaman dan berbau berasal dari aliran sungai Cileungsi yang berada di wilayah Kabupaten Bogor (jembatan Canadian Perumahan Kota Wisata).

BACA JUGA: 62 Ribu Pelanggan Perumda Tirta Patriot Terdampak Pencemaran Kali Bekasi  

“DLH Provinsi Jawa Barat bersama dengan DLH Kota Bekasi dan DLH Kabupaten Bogor telah melakukan patroli sungai rutin, pemantauan dan pengawasan, dengan hasil 3 perusahaan di wilayah Kabupaten Bogor telah masuk dalam ranah pidana dan perusahaan lain yang melakukan pencemaran dikenakan sanksi administrasi,” demkian pernyataan resmi tersebut.

Sejumlah langkah-langkah telah dilakukan oleh DLH Kota Bekasi. Antara lain, melaporkan kejadian pencemaran tersebut ke DLH Provinsi Jawa Barat, mengambil sampel air kali Bekasi yang tercemar (LHU sedang dalam proses).

“Selanjutnya DLH Kota Bekasi akan segera melakukan investigasi dan pengawasan bersama dengan DLH Provinsi Jawa Barat dalam waktu segera,” tutupnya. (oke)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin